Advertisement

Peringatan HPN PWI DIY Akan Diawali dengan Ziarah ke Makam Tokoh Pers

Nina Atmasari
Jum'at, 14 Februari 2020 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
Peringatan HPN PWI DIY Akan Diawali dengan Ziarah ke Makam Tokoh Pers Ketua PWI DIY sekaligus Ketua Panitia HPN 2020, Sihono. - Ist/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PWI DIY) akan mengawali peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74, dengan melaksanakan ziaran ke makam para tokoh pers di Taman Makam Wijaya Brata, Jl Soga, Tahunan, Umbulharjo, Kota Jogja, Sabtu (15/2/2020) pagi.

Ketua PWI DIY sekaligus Ketua Panitia HPN 2020, Sihono menjelaskan bahwa ziarah ke makam para tokoh pers ini merupakan kegiatan rutin setiap kali PWI DIY merayakan HPN.

Advertisement

"Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan kami selaku pers masa kini, kepada para tokoh pers di zaman dulu, terutama masa-masa perjuangan kemerdekaan bangsa," kata Sihono, dalam rilisnya, Jumat (14/2/2020).

Dipilih Taman Makam Wijaya Brata karena di sini dimakamkan beberapa tokoh pers nasional, seperti Ki Hadjar Dewantara, Ki Sutopo Wonobojo, Ki Mashuri Darmosugito, Ki Mangunsarkoro, Ki Samawi pendiri SKH kedaulatan rakyat, serta beberapa pejuang lainnya. Di nisan Ki Mashuri bahkan tertulis Perintis Kemerdekaan Indonesia dan Perintis Pers Indonesia.

Usai dari Taman Makam Wijaya Brata, ziarah akan dilanjutkan ke makam Sonyaragi, Jalan Gondosuli. Di lokasi ini dimakamkan Mr Sumanang Surjowinoto, ketua PWI Pusat Pertama yang dideklarasikan di Gedong Sono Suko Surakarta pada 9 Februari 1946. Selanjutnya ke makam keluarga Wonohito di Pringwulung Depok Sleman. Wonohito bersama Ki Samawi adalah pendiri SKH Kedaulatan Rakyat. Di makam keluarha ini juga dimakamkan Sumadi M. Wonohito (anak Wonohito). Ziarah diakhiri ke makam Kusfandi, mantan Pemimpin Umum Harian Bernas di Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Sihono menambahkan selain ziarah masih banyak acara lain yang digelar untuk memperingati HPN 2020. Di antaranya adalah Pelatihan Jurnalistik bagi Humas Museum di DIY pada 22 Februari, Mancing Bareng awal Maret, Malam Refleksi 28 Maret, Jalan Sehat 12 April dan diakhiri PWI Award pada 2 Mei. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Dinkes DIY Mewaspadai Sebaran Flu Singapura

Jogjapolitan | 43 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement