Kasihan... Bayi Laki-laki Lengkap dengan Ari-ari Dibuang ke Kali Progo

Foto ilustrasi: Tim Basarnas DIY memulai pencarian korban yang menceburkan diri ke Sungai Progo, Kamis (26/7/2018). - Ist/Dok Basarnas
15 Februari 2020 18:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Mayat bayi laki-laki yang masih lengkat dengan ari-arinya ditemukan hanyut di pinggir Kali Progo, tepatnya di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Sabtu (15/2/2020). Bayi tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Kapolsek Pajangan, AKP Sri Basariah mengatakan penemuan bayi laki-laki tersebut bermula dari informasi warga Sendangsari yang sedang mencari ikan di Kali Progo, sekitar pukul 14.45 WIB. Warga tersebut melihat sosok bayi yang sudah membiru di pinggir kali.

Warga tersebut kemudian melaporkan ke warga lainnya untuk meyakinkan bahwa yang dilihat tersebut adalah bayi. Setelah mengetahui kondisi bayi sudah meninggal dunia, warga melaporkannya ke Polsek.

Mendapat laporan tersebut pihaknya langsung menuju lokasi penemuan bayi bersama tim medis dari puskesmas Kecamatan Pajangan. “Bidan dari puskesmas menyatakan bayi sudah meninggal lebih dari 24 jam,” kata Basariah, Sabtu (15/2/2020).

Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara, jenazah bayi yang dilahirkan dengan usia kandungan sekitar 8-9 bulan tersebut kemudian diserahkan kepada warga Mangir Lor untuk dimakamkan.

Ia menduga bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya karena bayi tersebut masih lengkap dengan ari-ari menempel ditubuh. Namun siapa yang membuang bayi tersebut, “Masih dalam penyelidikan,” ucap Basariah.