Pelaku Kejahatan Jalanan Digulung, Polres Kulonpogo Banjir Karangan Bunga

Sejumlah karangan bunga terpampang di pintu masuk Mapolres Kulonpogo, Kapanewon Pengasih, Kamis (20/2/2020).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
20 Februari 2020 20:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Seusai berhasil menangkap pelaku kejahatan jalanan di Kapanewon Nanggulan beberapa waktu lalu, Polres Kulonprogo pada Kamis (20/2/2020) kebanjiran karangan bunga dari sejumlah elemen masyarakat.

Sedikitnya tujuh karang bunga terpampang di pintu masuk mapolres. Karangan itu dikirim oleh pelbagai elemen masyarakat, mulai dari Komunitas Ojek Online Kulonpogo, kumpulan suporter sepakbola, masyarakat Kapanewon Nanggulan, tokoh masyarakat Kulonrogo dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Adapun pesan dalam karangan bunga tersebut bernada sama, yakni apresiasi atas keberhasilan Polres mengungkap pelaku kejahatan jalanan. Diketahui Jajaran Polres Kulonprogo pada Selasa (18/2/2020) malam menangkap satu dari tiga pelaku pembacokan di Kapanewon Nanggulan, Sabtu (1/2/2020) lalu yaitu Abraham Brian Erlangga, 26. Abraham tidak lain adalah anak buah Santang Yulianto alias,37, yang terlebih dahulu menyerahkan diri ke Polda DIY pada Kamis (13/2/2020) lalu. Sementara satu pelaku masih buron yakni Caesar Arya Kusuma.

Fajar Gegana, salah satu pengirim karangan bunga mengatakan penangkapan pelaku kejahatan oleh Polres Kulonpogo perlu diapresiasi. Selama ini masyarakat ketakutan dengan maraknya aksi kejahatan jalanan. Sehingga dengan penangkapan ini setidaknya bisa menambah rasa aman.

"Kalau udah malam hari itu kami ya was-was, dan tidak nyaman dan merasa tidak aman," ujarnya ditemui awak media, Kamis (20/2/2020).

Menanggapi apresiasi masyarakat, Kapolres Kulonpogo, AKBP Tartono mengucapkan terimakasih. Menurutnya keberhasilan jajarannya tak lepas dari peran serta masyarakat yang ikut melaporkan jika ditemui adanya tindak kejahatan di jalan.

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan jalanan, Polres Kulonpogo lanjutnya telah menerjunkan Tim khusus bernama The Cops yang bertugas patroli rutin tiap malam. Pihaknya juga mengandalkan Bhabinkamtibmas di setiap kalurahan untuk segera melapor jika ada temuan tindak kejahatan.

"Terkait satu lagi pelaku yang masih DPO kami sudah kerahkan personil untuk melakukan pencarian, semoga dalam waktu dekat pelaku bisa segera tertangkap," ujarnya.