Puskesmas Apresiasi Kalurahan yang Anggarkan Beli Alat Periksa Gula Darah

Ilustrasi. - Harian Jogja/Hery Setiawan
22 Februari 2020 07:47 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kepala UPTD Puskesmas Temon II Isti Alfradiantina mengapresiasi sejumlah kalurahan yang termasuk dalam wilayah kerja mereka yang telah menganggarkan alat periksa gula darah sebagai bentuk dukungan untuk program posbindu penyakit tidak menular (PTM).

Meski tak bisa menyebutkannya secara rinci, Isti menuturkan pihaknya sangat berterima kasih dan merasa terbantu dengan penganggaran kalurahan yang dapat mewujudkan pemeriksaan mandiri ini.

Selama ini posbindu PTM dilakukan di 12 lokasi yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Temon II yaitu Kalurahan Jangkaran, Sindutan, Palihan, Glagah, Kebonrejo, Janten, dan Karangwuluh.

"Posbindu itu untuk mendeteksi penyakit tidak menular. Cek lab-nya setahun sekali, tapi pemantauan tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah sebulan sekali," kata Isti, Jumat (21/2/2020).

Dengan penganggaran mandiri oleh kalurahan itu, pemeriksaan menjadi dipungut biaya, namun pungutan itu akan masuk dalam kas posbindu. "Kami juga sampaikan ke Panewu untuk mengingatkan setiap kali penyusunan anggaran masukkan alat untuk posbindu PTM," ujarnya.