Universitas Terbuka Jogja Gelar Orientasi Studi untuk Mahasiswa Baru

Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang digelar oleh Universitas Terbuka (UT) Jogja beberapa waktu lalu.-Ist - UT Jogja
25 Februari 2020 06:17 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Guna mempercepat adaptasi studi di Universitas Terbuka (UT) bagi mahasiswa baru (maba) periode 2020 semester 1, otoritas UT Jogja mengadakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 1.200 mahasiswa baru dari empat fakultas di UT yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Mereka berasal dari seluruh kabupaten dan kota di DIY serta Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Temanggung dan Magelang (Jawa Tengah).

Kegiatan OSMB yang berlangsung antara pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB ini, terbagi menjadi tiga kelompok. Pada Sabtu (22/2/2020) diikuti oleh 400 mahasiswa berlangsung di Hotel Cavinton Jogja.

Sedangkan kelompok kedua berlangsung Minggu (23/2/2020) di tempat yang sama dengan jumlah peserta juga 400 mahasiswa.

Kelompok ketiga dilaksanakan pada hari yang sama di Hotel Grand Artos Magelang dengan peserta sekitar 400 mahasiswa.

Memasuki era Revolusi Industri 4.0 peran perguruan tinggi jarak jauh seperti UT dinilail relevan dalam memberikan layanan pendidikan berbasis teknologi.

Karenanya rangkaian acara kegiatan OSMB berisi penyampaian materi tentang sistem pembelajaran di UT dengan ciri utama sistem terbuka dan jarak jauh serta belajar mandiri. Materi lainnya berupa motivasi belajar mandiri serta layanan akademik dan administrasi mulai registrasi, tutorial hingga ujian yang harus dipahami oleh para mahasiswa selama menempuh studi di UT.

Mahasiswa baru juga diberikan pemahaman dan pelatihan tentang layanan UT online baik dalam pembelajaran, layanan akademik lain maupun administrasi dengan tim pemateri para dosen UT Jogja.

“Dengan mengikuti OSMB para mahasiswa baru diharapkan memiliki kesiapan belajar mandiri yang lebih baik sehingga dapat menempuh studi di UT dengan prestasi yang baik dengan masa studi sesuai dengan harapan,” kata Direktur UT Jogja, Anto Hidayat, melalui rilis, Senin (24/2)

Pada OSMB kali ini diundang para pakar untuk memberikan motivasi belajar mandiri. Antara lain Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Reni Tri Pujiastuti dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Azis Amin Mujahidin. (*)