Sleman Resmi Punya Sekda Baru, Ini Orangnya

Harda Kiswoyo saat disumpah saat pelantikan Sekda Sleman, Selasa (25/2/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
25 Februari 2020 18:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Hardo Kiswoyo resmi dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Senin (25/2/2020). Pelantikan dilakukan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

Sebelum akhirnya diisi oleh Hardo Kiswoyo, posisi Sekda Sleman sepeninggal Sumadi yang ditarik ke Pemda DIY, diisi oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sleman, Purwatno Widodo.

Hardo Kiswoyo, terpilih menjadi Sekda Sleman setelah melalui proses seleksi yang dimulai sejak Desember 2019 lalu. Selain Hardo, sejumlah nama sempat menjadi bakal calon Sekda Sleman, yakni Kepala Dispora Sleman Agung Armawanto; Inspektur Inspektorat Sleman Hery Dwikuryanto; Kepala Kesbangpol Sleman Hery Sutopo; dan Kepala Bappeda Sleman Kunto Riyadi.

Hardo Kiswoyo mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus ia selesaikan ke depannya. Salah satunya, memprioritaskan pembangunan fisik atau infrastruktur yang saat ini sedang dilakukan Pemkab. Ia berharap di masa jabatannya tidak ada lagi bangunan-bangunan dengan kualitas kurang baik. "Ini demi mewujudkan kenyamanan bagi masyarakat," ucapnya.

Meskipun jumlah ASN di Sleman terbatas, katanya, hal itu bukan menjadi penghalang untuk mewujudkan visi dan misi Sleman sebagai smart regency. Dia mengaku optimistis seluruh program yang dirancang akan berjalan dengan baik.

Menurutnya hal tersebut dapat diantisipasi dengan manajemen dan pengawasan yang baik. Seluruh potensi yang dimiliki Sleman akan dioptimalkan. "Kekurangan ASN bukan alasan yang dapat menghambat proses pembangunan. Saya secara pribadi akan lebih banyak menuangkan ide-ide untuk mengembangkan kemajuan masyarakat Sleman dan membantu tugas Bupati," katanya.

Hardo menggantikan Sekda Sleman sebelumnya, Sumadi yang telah menjabat selama tiga tahun. Sejak Rabu (29/1/2020) lalu, Sumadi resmi dilantik sebagai Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap dengan pelantikan Sekda yang baru ini, dapat kian mengoptimalkan upaya Pemkab mewujudkan visi dan misi Sleman di 2021, yakni menjadikan Sleman sebagai smart regency.

Oleh karena itu Sri berharap di bawah penjabat Sekda yang baru visi dan misi tersebut harus bisa terwujud dengan baik.

Sekda, kata Bupati, harus mampu menggali potensi dirinya agar dapat menghadapi tantangan dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan ke depan. "Tentu saja dalam bekerja harus mengedepankan prinsip kehati-hatian. Sekda harus bisa mengimplementasikan peraturan yang berlaku dengan berkoordinasi dengan instansi yang ada di Pemkab," ucap Sri.