Kodir Syuting di Jakarta, Warga Gotong Royong Carikan Rumput untuk Sapinya

Kodir - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
27 Februari 2020 12:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Apa yang kau tanam, itu yang kau tuai. Kalimat itu sepertinya cocok untuk menggambarkan kehidupan Sudarwanto saat ini. Bagaimana tidak, setelah berhasil menyelamatkan puluhan siswa SMPN 1 Turi yang hanyut terbawa arus Sungai Sempor pada Jumat (21/2/2020) lalu, pria yang akrab disapa Kodir ini kini mendapat balasan yang baik pula dari masyarakat.

Nama Kodir viral karena menyelamatkan puluhan siswa seorang diri. Aksi heroik itu akhirnya mengantarkan pria yang tinggal di Dusun Kembangarum, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman itu sampai ke Ibu Kota untuk menjadi bintang tamu dalam program acara Hitam Putih. Program televisi yang disiarkan secara langsung oleh Trans 7 pada Rabu (26/2/2020) pukul 18.00 WIB itu dipresenteri oleh Deddy Corbuzier.

Kepergian Kodir ke Jakarta untuk kepentingan syuting tentu harus meninggalkan sejenak kegiatan hariannya, termasuk beternak. Berkat jasa penyelamatan yang sudah dilakukan Kodir, warga pun akhirnya bergotong royong mencari rumput untuk ternak yang ditinggalkan Kodir di rumah.

Video para warga yang mencari rumput itu diunggah dalam akun Instagram @merapi_news, Kamis (27/2/2020) pagi. Dalam video terlihat empat pria membawa rumput menggunakan sepeda motornya.

"Para Relawan Pencari Rumput untuk Sapi nya Mas Kodir sang penyelamat Puluhan Siswa-siswi SMP N 1 Turi yang ditinggal bbrp hari Menuju Ibukota, Yang rencana dijadwalkan Di Undang di @HitamPutihT7," tulis @merapi_news.

Dalam video, empat pria yang siap mengantarkan rumput untuk sapi milik Kodir memberikan komentar.

"Kodir lagi syuting"

"Kodir syuting tanggane kapiran [Kodir syuting tetangganya telantar]"

"Senang-senang di Jakarta ya"

"Sing ayem Mas Kodir, mpun diaritke [tenang saja Mas Kodir, sudah dicarikan rumput]"

Unggahan itu pun menuai respons dari warganet.

"Memang bener ya, yg namanya kebaikan itu menular," tulis @senny29_

"Yang bikin jogja selalu adem ayem," tulis @dewaargo

"Saya kok kalau baca tentang beliau nggrentes atine, mrembeng mripate,, terharu,, simpati,, luar biasa. Kebijaksanaan bliau jg membagi uang hadiah untuk warga. Itu luar biasa," tulis @arbaning_yoelia

"Haruuu... Saling nolong kek gini.. Nuwun lurrr... Kabeh sedulur ...podo2 jogjane," tulis @indriyantomd

Kodir datang ke acara Hitam Putih tak sendirian. Ia datang bersama Mbah Sudiro, salah satu lansia yang juga ikut menyelamatkan korban susur sungai dan juga salah satu orang tua dari korban yang meninggal dunia.