Cegah Penularan Virus Corona, Kampus di Jogja Tunda Kegiatan Internasional

Penumpang yang mengenakan masker terlihat di area menunggu kereta ke Wuhan di Stasiun Kereta Api Barat Beijing, menjelang Tahun Baru Imlek China, di Beijing, 20 Januari 2020. - REUTERS - Stringer
05 Maret 2020 01:17 WIB Rahmat Jiwandono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) memutuskan untuk menunda kegiatan yang bersifat internasional. Sebab, virus Corona sudah masuk ke Indonesia.

"Itu sebagai bentuk upaya pencegahan kami terhadap merebaknya virus Corona," kata rektor UKDW, Henry Feriadi, Rabu (4/3/2020).

UKDW juga memutuskan untuk menangguhkan agenda perjalanan ke luar negeri, ataupun ke daerah yang terindikasi adanya wabah COVID-19. Hal tersebut juga berlaku dalam penyelenggaraan kegiatan seminar, konferensi, workshop, ataupun kegiatan lain yang melibatkan banyak peserta dari luar negeri atau daerah.

Seluruh sivitas akademika UKDW diimbau untuk menjaga kesehatan diri dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan area tempat bekerja atau belajar. Rektor meminta kepada seluruh sivitas akademika supaya membiasakan atau membudayakan cuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan aktivitas.

“Gunakan masker atau pelindung ketika mengalami gangguan pernapasan, dan batasi interaksi dengan sesama yang mengalami gejala seperti influenza. Jika mengalami gangguan kesehatan seperti batuk dan disertai peningkatan suhu lebih dari 37,3 °C, wajib untuk segera memeriksakan diri ke dokter,” tandasnya.

Selain itu, seluruh sivitas akademika diminta mengikuti perkembangan informasi mengenai COVID-19 dari media resmi pemerintah atau non pemerintah, dan tidak menyebarkan berita yang bersifat hoaks.