Hujan Durasi Lama, SD Banasara Kulonprogo Terendam dan Tertimpa Pohon

SDN Banasara di Jatirejo, Lendah terendam banjir dan tertimpa pohon tumbang akibat hujan turun dengan durasi lama sejak Rabu (4/3/2020) sore hingga Kamis (5/3/2020) pagi. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
05 Maret 2020 13:17 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Hujan deras yang turun di Kulonprogo sejak Rabu (4/3/2020) sore hingga Kamis (5/3/2020) pagi membuat SDN Banasara di Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah terendam air setinggi 40 cm. Salah satu ruangan juga tertimpa pohon tumbang.

Dari pantauan Harian Jogja Kamis pagi ini, halaman sekolah dan musala terendam air. Sementara itu, lantai beberapa ruang kelas masih menyisakan air yang baru saja surut. Di ruang kelas 5, sejumlah siswa mengerjakan soal ujian.

Wali Kelas 6 SD Banasara, Sukirman menuturkan genangan air sudah masuk ke sekolah sejak pukul 04.00 WIB pagi. Hal ini lantaran hujan deras yang turun di Lendah sejak kemarin sore. Dampaknya, drainase di selatan sekolah ini penuh dan meluap ke sekolah.

"Hari ini masih latihan ujian tingkat kecamatan yang pertama, maka siswa kelas 6 masuk," kata dia.

Sebanyak 25 siswa itu harus mengikuti try out hari terakhir dengan materi Pendidikan Agama. Sementara, siswa kelas 1 hingga 5 SD dipulangkan lantaran ruang kelas tak memungkinkan untuk kegiatan belajar mengajar.

Menurutnya, banjir di SD Banasara selalu terjadi setiap tahun jika intensitas hujan deras membuat drainase Wonokasih-Kengkeng yang ada di selatan sekolah meluap. Untuk itu, pihak sekolah sudah siap mengantisipasi rendaman yang menimpa ruangan sekolah, seperti meletakkan buku dan alat elektronik di atas meja yang jauh dari jangkauan air.