RSUD Sleman Siap Layani Vaksinasi Internasional

Bupati Sleman Sri Purnomo (kanan) meresmikan Klinik Vaksinasi Internasional di RSUD Sleman, Kamis (5/3/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak\\n
06 Maret 2020 07:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman meluncurkan Klinik Vaksinasi Internasional, Kamis (5/3/2020). Klinik ini membuat RSUD Sleman menjadi rumah sakit pelat merah pertama di DIY yang bersertifikat vaksinasi internasional.

Direktur RSUD Sleman, Djoko Hastaryo mengatakan fasilitas pelayanan vaksinasi sudah disiapkan baik klinik maupun fasilitas lainnya seperti penyimpanan vaksin. Dengan sertifikat tersebut RSUD Sleman diklaim siap untuk melayani vaksinasi internasional. "Pelayanan klinik vaksinasi kami mempunyai empat dokter yang bersertifikat sebagai vaksinator, terdiri dari dua dokter spesialis dalam dan dua dokter umum," kata dia, seusai peluncuran klinik tersebut, Kamis.

Vaksin yang tersedia, kata Djoko, antara lain meningitis, influenza, hepatitis dan sejumlah vaksinasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Baik untuk kegiatan ke luar negeri seperti ibadah haji, umrah dan lainnya. "Tahun ini kami akan menggelar pemeriksaan kesehatan haji. Dengan fasilitas dan layanan ini, diharapkan bisa mempermudah calon jamaah haji yang akan memeriksa kesehatannya sekaligus mendapatkan vaksin meningitis," kata Djoko.

Bupati Sleman, Sri Purnomo menyambut baik penambahan layanan vaksinasi tersebut. Menurutnya klinik vaksinasi ini sebagai bagian pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Pemkab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. "Mudah-mudahan masyarakat yang membutuhkan vaksinasi bisa terbantu dengan memanfaatkan klinik vaksinasi di RSUD Sleman ini,” kata Sri.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) DIY, Yoedi Ariyanto mengatakan sertifikasi ini dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.23/2018 tentang Pelayanan dan Penerbitan Sertifikat Vaksinasi Internasional. Proses pengajuan sertifikat tersebut, katanya, dilakukan sejak Oktober tahun lalu. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi berkas persyaratan yang dibutuhkan, pada Januari lalu dilakukan visitasi oleh KKP DIY dan dilakukan bimimbingan teknis.

"Hari ini [Kamis], kami menyerahkan sertifikat Vaksinasi Internasional kepada RSUD Sleman," katanya seusai menyerahkan sertifikat Vaksinasi Internasional kepada Bupati Sleman Sri Purnomo, Kamis.