Advertisement

Lamtoro Tarramba, Tanaman Pakan Ternak yang Cepat dan Murah

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 09 Maret 2020 - 04:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Lamtoro Tarramba, Tanaman Pakan Ternak yang Cepat dan Murah Ilustrasi sapi - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kelompok Tani (Poktan) Samuka Farm, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, mendapatkan bantuan 2.500 batang bibit lamtoro tarramba dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) DIY. Tanaman untuk pakan ternak tersebut dinilai cocok karena intensitas tumbuhnya cukup cepat dan juga murah.

"Tanaman lamtoro tarramba merupakam tanaman yang mempunyai fase pertumbuhan yang sangat cepat dan sangat disukai ternak," kata Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Raharjo Yuwono, Sabtu (7/3/2020).

Advertisement

Selain cepat dan murah, tanaman tersebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tahan terhadap kekeringan dan mampu menghasilkan hijauan yang memiliki kualitas tinggi. "Ketika rumput mengering, tanaman ini hijau segar berkualitas sehingga tanaman ini sangat cocok untuk pakan ternak sekaligus tahan terhadap hama kutu loncat," ujarnya.

Raharjo menjelaskan penyaluran tanaman ini merupakan bagian dari gerakan tanam hijauan pakan ternak (HPT) guna mendukung keberhasilan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Gunungkidul. "Untuk jenis HPT yang ditanam kali ini adalah lamtoro tarramba," kata dia.

Kepala DPP Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, menambahkan dalam pemeliharaan hewan-hewan ternak petani harus menjaga kualitas ternaknya, mulai dari menyediakan pakan yang cukup hingga kualitasnya yang baik. "Petani yang memelihara ternak harus bisa menjaga jumlah dan kualitas pakan agar hasil ternaknya bagus dan sehat," kata dia.

Bambang juga mengimbau kepada para petani untuk terus menjaga dan merawat lamtoro tarramba agar dapat membantu para peternak terbebas dari kekurangan pakan terutama saat musim kemarau. "Harapan kami bantuan tanaman ini dijaga dan dirawat dengan baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement