Banjir Mulai Surut di Nglindur Gunungkidul, Hujan Deras Masih Jadi Ancaman

Aktivitas penyedotan air di Telaga di Dusun Nglindur Kulon, Desa Nglindur, Girisubo, Minggu (8/3/2020). Penyedotan dilakukan agar debit air surut sehingga tidak menggenangi rumah penduduk. - Istimewa/ Dokumen Kecamatan Girisubo
09 Maret 2020 23:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kondisi di Dusun Nglindur Kulon, Desa Nglindur, Kecamatan Girisubo, berangsur membaik. Genangan air yang merendam 17 kepala keluarga telah surut. Meski demikian, ancaman genangan belum sepenuhnya hilang karena potensi hujan lebat diprediksi masih turun.

Sekretaris Camat Girisubo, Arif Yahya, mengatakan kondisi di Dusun Nglindur Kulon sudah aman. Banjir yang sempat merendam rumah warga telah surut menyusul adanya upaya pembuatan gorong-gorong dan penyedotan air menggunakan mesin mompa. “Rumah warga sudah tidak terendam lagi,” kata Arif saat dihubungi, Senin (9/3/2020).

Menurut dia, meski banjir sudah surut tak serta merta ancaman mereda. Hal ini tak lepas dari kondisi cuaca yang masih terus turun hujan. Arif menuturkan pembuatan gorong-gorong dan penyedotan hanya menjadi penanganan sementara. Pasalnya, potensi genangan masih sangat mungkin terjadi saat turun hujan deras dengan intensitas yang lama. “Ke depannya akan dicari luweng baru untuk lokasi pembuangan air,” katanya.

Hujan deras yang menguyur Gunungkidul sepanjang Senin mengakibatkan banyak pohon tumbang. BPBD Gunungkidul mencatat ada beberapa titik pohon tumbang seperti yang di Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo; Desa Plembutan dan Bandung di Kecamatan Playen; Desa Giriasih, Kecamatan Purwosari, dan Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo. “Meski ada pohon tumbang, tetapi kondisi masih aman karena tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki.

Menurut dia, masyarakat harus mewaspadai potensi hujan lebat yang masih mungkin terjadi. Diharapkan dengan kewaspadaan ini, maka jumlah kerugian saat terjadi musibah bisa ditekan. “Hujan lebat masih berpotensi turun. Untuk antisipasi pohon tumbang warga bisa memangkas pohon yang sudah lebat di sekitar rumah,” katanya.