Advertisement

Hujan Deras, 17 KK di Nglindur, Girisubo, Gunungkidul, Terendam Air

David Kurniawan
Minggu, 08 Maret 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Hujan Deras, 17 KK di Nglindur, Girisubo, Gunungkidul, Terendam Air Aktivitas penyedotan air di Telaga di Dusun Nglindur Kulon, Desa Nglindur, Girisubo, Minggu (8/3/2020). Penyedotan dilakukan agar debit air surut sehingga tidak menggenangi rumah penduduk. - Istimewa/ Dokumen Kecamatan Girisubo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bencana hidrometeorologi terus terjadi di sejumlah wilayah di DIY. Di Gunungkidul deras hujan yang mengguyur Sabtu (7/3/2020) malam memicu terjadinya banjir di Kecamatan Girisubo dan Semanu. Selain merendam lahan pertanian, banjir juga merendam rumah warga. Di Kulonprogo, beberapa keluarga terpaksa mengungsi lantaran terancam tanah longsor.



Advertisement

Banjir di wilayah Girisubo salah satunya terjadi di Dusun Nglindur Kulon, Desa Nglindur. Sejak Sabtu malam ada 17 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam air dengan ketinggian hingga 50 sentimeter.

Anggota Tagana Kecamatan Girisubo, Ndaru Haryo Suprobo, mengatakan hingga Minggu (8/3/2020) warga masih berupaya untuk mengurangi debit air yang menggenangi rumah warga dengan menggunakan mesin pompa. Air genangan disedot dan dialirkan ke luweng yang lokasinya tidak jauh dari permukiman. “Letak luweng lebih tinggi. Jadi harus ada bantuan mesin pompa agar air bisa masuk ke luweng,” kata Ndaru kepada wartawan, Minggu.

Menurut dia, banjir terjadi karena hujan turun sangat deras dengan intensitas waktu yang cukup lama. Dampak dari banjir mengakibatkan rumah 17 KK di Dusun Nglindur Kulon tergenang. “Ketinggian mencapai setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 50 sentimeter. Meski tergenang belum ada warga yang mengungsi,” katanya.

Dijelaskannya, banjir yang terjadi bukan yang pertama. Di akhir 2017 banjir juga menggenangi wilayah Nglindur Kulon. “Di 2018 sempat ada genangan tetapi dalam waktu sekitar dua jam langsung surut, tetapi sekarang [kemarin] sudah dua hari belum surut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respons Serangan Israel, Iran Aktifkan Pertahanan Udara dan Tangguhkan Penerbangan Sipil

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement