Tiga Hari Bantul Dihajar hujan Angin, Ini Dia Rekap Data Dampaknya

Warga sedang membersihkan sisa material talut yang ambrol di Dusun Ketos, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Selasa (10/3/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
10 Maret 2020 15:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

BANTUL—Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan seratusan pohon tumbang dan longsor di beberapa titik.

Berdasarkan rekap data di Pusat Pengendalian Operasional BPBD Bantul, dampak cuaca ekstrem yang terjadi selama 7-9 Maret menyebabkan pergerakam tanah di sembilan titik yang menimpa lima rumah, sebuah jembatan dan menutup dua akses jalan.

Selain itu selama kurun tersebut juga terdapat 130 pohon tumbang di 119 titik yang menimpa 52 rumah, jaringam listrik, dan menutup akses jalan. Total kerugian sementara mencapai Rp244 juta. Saat ini proses validasi data dan penanganan masih berlangsung.

Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan mrngingat cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan. "Hal itu berdasarkan perkiraan BMKG Yogyakarta bahwa dasarian II Maret curah hujan masih tinggi," ucap dia, Selasa (10/3/2020).