Advertisement

Dinkes DIY Telusuri Kontak Bocah yang Terinfeksi Corona, Termasuk Tenaga Medis PKU Muhammadiyah

Newswire
Senin, 16 Maret 2020 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Dinkes DIY Telusuri Kontak Bocah yang Terinfeksi Corona, Termasuk Tenaga Medis PKU Muhammadiyah Ilustrasi - Reuters/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menelusuri riwayat kontak pasien bocah berusia tiga tahun yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito karena positif terinfeksi Covid-19.

“Dinkes telah melakukan tracing [melacak] terhadap kontak erat kasus balita positif Covid-19 itu,” kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih, Senin (16/3/2020).

Advertisement

Berdasarkan hasil penelusuran sementara, menurut dia, terdapat dua orang yang melakukan kontak erat dengan pasien balita dan kini berstatus dalam pengawasan di RSUP Dr Sardjito. Dua orang itu adalah orang tua pasien.

Tim Medis RSUP Sardjito telah mengirim usap atau swab dahak dan sampel darah dua orang tua pasien balita ke Litbangkes Kemenkes dan hingga saat ini masih menunggu hasil uji sampel tersebut.

"Masih dalam proses hasil laboratorium," kata dia.

Selain menelusuri orang-orang terdekat si bayi, Dinkes DIY juga menelusuri riwayat kontak pasien dengan tim medis di RS PKU Muhammadiyah Jogja yang sebelumnya melakukan penanganan awal dan merujuk balita itu ke RSUP Sardjito.

Ia menyebutkan, berdasarkan data pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) di DIY pada 16 Maret 2020, terdiri atas 22 pasien dengan kategori sudah diperiksa, 12 orang yang telah dinyatakan negatif Covid-19, satu orang positif, dan 9 orang masih dalam proses uji sampel di Litbangkes.

Sebelumnya, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan menjelaskan pasien balita yang positif terinfeksi Corona sebelumnya memiliki riwayat pernah mengunjungi Kota Depok, Jawa Barat pada Februari 2020. Saat pertama dirawat di ruang isolasi pada 9 Maret 2020, pasien ini memiliki gejala seperti batuk, pilek, dan sesak napas.

"Tinggal batuk, mohon doanya saja supaya anak ini bisa kita nyatakan sembuh dari Covid-19," kata Banu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement