Masuk Pasien Baru, RSUP Dr Sardjito Rawat 9 PDP Diduga Terkait Corona

Sejumlah awak media mendengarkan penjelasan mengenai satu pasien rujukan di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, Rabu (29/01/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
20 Maret 2020 19:17 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kabag Hukum dam Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan menuturkan saat ini rumah sakit tersebut tengah merawat sembilan pasien dalam pengawasan terkait Covid-19.

Perkembangan terbaru, pasien balita yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 sudah dipulangkan karena dinyatakan sembuh. Sementara kedua orang tuanya yang dinyatakan negatif pulang pada Rabu (18/3) kemarin.

Banu menyebut pada Kamis (19/3) sore ada tiga penambahan PDP baru yang masuk dan diisolasi di RSUP Dr. Sardjito. "Hari ini ada 9 PDP, setelah pulang tiga [balita dan kedua orang tuanya] dan masuk lagi beberapa," kata Banu ketika dihubungi pada Jumat (20/3/2020) sore.

Ia menegaskan pasien ini tidak ada kaitannya dengan tracing kontak PDP di RSUP Dr. Sardjito sebelumnya. "Baru itu," katanya. Ia juga menegaskan ketiga pasien tidak ada keterkaitan satu sama lain.

Saat ini masih ada 8 pasien yang menunggu hasil laboratorium keluar. Berbeda dengan sebelumnya, sebagian pasien sudah dites di BBTKLPP Jogja dan sebagian di Balitbangkes Kemenkes. "Sampai saat ini kita bagi-bagi karena Jogja [BBTKLPP Jogja] melayani pula untuk Jawa Tengah," katanya.