Advertisement

Kendaraan Masuk Kawasan Merapi Bakal Disemprot Disinfektan

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 27 Maret 2020 - 02:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kendaraan Masuk Kawasan Merapi Bakal Disemprot Disinfektan Petugas penyemprot disinfektan dari komunitas AJWLM sisi barat saat melakukan penyemprotan kepada mobil yang akan memasuki wilayah Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Kamis (26/3/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) sisi barat mengadakan penyemprotan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona penyebab Covid-19 di wilayah lereng Gunung Merapi. Upaya penyemprotan dilakukan dilakukan di empat titik yang ada di wilayah kecamatan Pakem dan Cangkringan.

Ketua AJWLM sisi barat, Dardiri mengatakan jika kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan pada Kamis (26/3/2020) dilakukan di empat titik di antaranya di Jalan Kaliurang km 20, retribusi masuk ke objek wisata yang ada di kaliurang via jalur barat, depan Balai Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, dan terakhir di perempatan Plagrok (timur Merapi Golf).

Advertisement

"Kegiatan ini dimaksudkan guna melakukan sterilisasi bagi siapa saja yang masuk ke wilayah Merapi. Untuk yang di dusun sudah ada relawan dan juga dari desa. Maka AJWLM berinisiatif membantu untuk segala hal termasuk antisipasi penyebaran Covid-19 yang berpotensi akan masuk ke kawasan Merapi, lantas kita semprot dengan harapan dapat mencegah penyebaran virus," ujar Dardiri, Kamis (26/3/2020).

Kegiatan penyemprotan, lanjut Dardiri, juga akan dilaksanakan selama satu Minggu terhitung sejak Kamis (26/3/2020) oleh 29 komunitas AJWLM. Dengan begitu diharapkan penyebaran pandemi Covid-19 dapat diantisipasi agar tidak menyebar ke wilayah di lereng Merapi.

"Upaya penyemprotan juga dilakukan terhadap kendaraan yang akan memasuki wilayah Kaliurang dan Kaliadem mulai pagi hingga malam selama satu minggu, kita juga melihat keadaan apabila terpantau sepi kita ya kita break dulu," ungkap mantan supir truk tambang pasir ini.

Dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan di sejumlah wilayah, lanjut Dardiri, diharapkan warga akan berpartisipasi dan melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan atau upaya pencegahan pandemi Covid-19 secara mandiri.

"Dengan kegiatan yang kita lakukan ini [penyemprotan disinfektan] kami sangat mengharapkan masyarakat semakin paham dan sadar akan keadaan saat ini [penyebaran Covid-19]," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement