Bukan Hanya Warganya yang Pulang dari Rantau, Klitren juga Pantau Pendatang yang Akan Mudik ke Asalnya

Penyemprotan disinfektan di Kelurahan Klitren, Gondokusuman, Kota Jogja, Sabtu (28/3/2020). - Ist/ Dok warga Klitren.
29 Maret 2020 15:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah kelurahan di Kota Jogja melakukan pendataan bagi warga yang usai bepergian dari luar DIY atau pemudik. Kelurahan Klitren, Gondokusuman, Kota Jogja misalnya, mengimbau kepada masyarakat yang berada di luar DIY ingin kembali ke Klitren sebaiknya ditunda lebih dahulu sebagai respons untuk mencegah penyebaran virus corona. Kegiatan penyemprotan disinfektan juga terus dilakukan di kelurahan ini.

Lurah Klitren Gondokusuman Kota Jogja  Zaenuri menjelaskan pihaknya berupaya melakukan pendataan terhadap masyarakat usai bepergian dari luar DIY terutama kota yang terjangkit virus corona. Langkah itu dilakukan untuk memantau lalu lintas pendatang dalam upaya pencegahan merebaknya Covid-19. Hingga Sabtu (28/3/2020) ada satu keluarga yang ingin kembali ke Klitren namun diimbau untuk menunda perjalanan lebih dahulu sampai situasi normal.

"Ada juga mahasiswa yang KKN di luar Pulau Jawa tetapi indekos di Klitren, kami sarankan tunda dulu. Tetapi kalau memang tetap ingin [kembali] kami minta untuk mematuhi protokol kesehatan seperti harus melapor RT, RW dan tetap di rumah isolasi mandiri," katanya Sabtu (28/3/2020).

Ia menambahkan melalui upaya pencegahan itu, pihaknya juga mengimbau kepada warga di keluruhannya agar tidak melakukan aksi penutupan pintu masuk kampung. Karena hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kepanikan masyarakat sekitar. "Secara umum warga mematuhi imbauan, kami juga terus melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga," katanya.

Penyemprotan menggunakan disinfektan telah dilakukan sebanyak dua kali. Termasuk pada Sabtu (28/3/2020) dilakukan penyemprotan pada empat RW yang mencakup 13 RT. Dalam melakukan penyemprotan mandiri tersebut, kelurahan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti para pelaku usaha yang secara sukarela membantu serta BPBD Kota Jogja. Di sisi lain warga juga terus diimbau untuk selalu menjaga kebersihan.

Salah satu pelaku usaha di Klitren, Gondokusuman Kota Jogja Hendrik mengatakan pihaknya memiliki komitmen memberikan dukungan kepada warga di Klitren dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Selain itu sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) dari usahanya.

"Penanganan Covid-19 ini harus dilakukan secara bersama-sama, kami termasuk berkomitmen dalan penanganan itu karena sudah memakan korban jiwa," kata Pemilik Toko Kain Kiloan ini.