Kabar Gembira, Kondisi Bayi Positif Corona di Kulonprogo Membaik

Foto dari bentuk tiga dimensi model Virus Corona. - Reuters/ Dado Ruvic
31 Maret 2020 11:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Kabar gembira datang dari Kulonprogo. Kondisi bayi positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates berangsur membaik. Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Utama RSUD Wates, Lies Indriyati.

"Alhamdulillah pasien bayi berusia empat bulan yang positif Corona dan dirawat di tempat kami kondisinya sudah berangsur-angsur membaik. Hari ini rencana evaluasi rontgen. Dan juga ini kita sedang menunggu hasil tes swabnya. Kalau nanti hasilnya negatif maka bayi itu dinyatakan sembuh dan bisa pulang," kata Lies kepada awak media, Selasa (31/3/2020).

Lies belum tahu kapan hasil swab itu keluar. Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta yang ditunjuk untuk melakukan uji sampel darah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di DIY dan sebagian Jawa Tengah sampai hari ini belum mengeluarkan hasil tes bayi tersebut.

"Setahu saya antrinya cukup panjang. Jadi masih seratus berapa gitu belum diperiksa, sehingga kami masih nunggu," ujar Lies.

Perlu diketahui, bayi berjenis kelamin laki-laki asal Kapanewon Wates itu sebelumnya sempat berpergian dengan orang tuanya ke salah satu kota di Jawa Tengah. Sepulang dari kota tersebut, bayi ini mengalami demam dan sesak nafas sehingga harus dirujuk ke RSUD Wates, pada Selasa (17/3/2020).

Untuk alasan keamanan, mengingat riwayat perjalanan dan gejala sakit yang diderita, RSUD Wates lantas mengisolasi bayi itu. Bersamaan dengan hal itu, status bayi dinyatakan sebagai PDP, sementara orang tuanya dimasukkan ke dalam kriteria Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Sampel darah bayi itu kemudian diperiksa oleh BBTKLPP Yogyakarta. Pada Rabu (25/3/2020), hasil uji lab itu telah keluar dan PDP tersebut dinyatakan positif terpapar Covid-19. Selanjutnya bayi tersebut menjalani perawatan intensif di RSUD Wates dan kini kondisinya telah membaik. Namun masih harus menunggu hasil tes swab kedua untuk mengetahui apakah yang bersangkutan masih positif Corona atau sudah negatif.