Advertisement

Sejumlah Rumah Sakit Ini Tampung Pasien Positif Corona Asal Bantul

Ujang Hasanudin
Rabu, 01 April 2020 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Rumah Sakit Ini Tampung Pasien Positif Corona Asal Bantul RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan sejumlah warga Bantul yang positif terinfeksi virus Corona dirawat di sjeumlah rumah sakit.

Dikatakannya yang terkonfirmasi positif dua orang di antaranya dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Advertisement

"Sementara tiga lainnya masing-masing dirawat di RS PKU Muhammadiyah Bantul, RS Respira, dan RSUP Dr Sardjito," katanya, Rabu (4/1/2020).

Pemerintah Kabupaten Bantul juga menyiapkan rumah sakit darurat khusus menampung pasien terkait Coronavirus Disease atau Covid-19 dengan menempati bangunan bekas Puskesmas Bambanglipuro di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro. Rumah sakit tersebut akan mulai dioperasikan pada pekan depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis menegaskan kepastian rumah sakit darurat Covid-19 itu setelah menggelar rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), “Forkompinda setuju eks Puskesmas Bambanglipuro dimanfaatkan sebagai RS Darurat Covid-19. Gugus Tuga segera menindaklanjuti persiapkan semuanya supaya bisa operasional,” kata Helmi, Rabu (1/4/2020).

Alasan pemanfaatan bekas Puskesmas Bambanglipuro itu untuk mempercepat pengadaan rumah sakit darurat mengingat kondisi penularan Covid-19 masih terjadi dan rumah sakit rujukan Covid kewalahan untuk menerima pasien. Selain itu, lokasi tersebut sudah ada fisik bangunannya serta sarananya karena dulunya digunakan sebagai puskesmas rawat inap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement