Advertisement

Petugas Pemakaman Jasad Pasien Covid-19 di DIY Diberi APD Khusus

Sunartono
Kamis, 02 April 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Petugas Pemakaman Jasad Pasien Covid-19 di DIY Diberi APD Khusus Bantuan RDT dan APD dari pusat mulai berdatangan dan diterima Pemda DIY di kantor BPBD DIY, Sabtu (28/3/2020) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten dan kota akan diberikan fasilitas alat pelindung diri (APD) khusus untuk memakamkan pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan pihaknya telah melakukan pembahasan bersama BPBD Kabupaten dan Kota terkait dengan penanganan jenazah pasien Covid-19. Berbagai fasilitas untuk permakaman termasuk APD bagi petugas yang menguburkan jenazah juga telah tersedia. Sebelumnya memang tidak ada intruksi untuk pemberian APD permakaman kepada BPBD kabupaten dan kota tetapi saat ini BNPB telah mengizinkan.

Advertisement

“Hari ini rapat BPBD Kabupaten kota, Dinkes untuk membahas tentang prosedur penangan jenazah. Kemarin kabupaten dan kota mengatakan tidak siap karena tidak ada APD [alat pelindung diri], hari ini sudah didorong BNPB untuk [BPBD] kabupaten dan kota [diberi APD],” katanya saat dimintai komentar terkait cuitan twitter @TRCBPBDDIY terkait ketidaksiapan dalam memakamkan prosedur Covid-19, Kamis (2/4/2020) sore.

Biwara menegaskan saat ini APD telah tersedia di BPBD DIY sehingga tidak perlu pengadaan. “Itu bagian, kalau memang masalahnya APD kita dorong APD supaya kemudian kabupaten dan kota siap kalau ada laporan jenazah yang harus ditangani. [Kebutuhan APD] Bagian dari ini yang sudah datang ini, akan didorong untuk [bisa mendapatkan APD permakaman],” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement