Berjibaku dengan Corona, RSUD Bantul Kekurangan APD dan Tenaga Medis

RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
02 April 2020 22:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul membutuhkan banyak tambahan alat pelindung diri (APD) dan penambahan tenaga medis untuk merawat pasien terkait Coronavirus Disease (Covid-19).

Sampai saat ini rumah sakit plat merah tersebut masih membuka donasi bagi siapa saja yang ingin menyumbagkan APD.

“Ada banyak yang sudah mendonasikan, tapi tetap mencukupi kebutuhan,” kata Kepala Bagian Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih, Kamis (2/4/2020). Siti tidak bisa menyebutkan detail kebutuhan karena APD terus terpakai seiring bertambahnya pasien.

Saat ini RSUD Panembahan Senopati merawat 22 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan dua pasien positif. Mereka semua menempati ruang isolasi biasa dan dua di antaranya ruang isolasi dengan tekanan udara negatif. Dua pasien yang positif tersebut di antaranya adalah kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Zuhandi.

Sementara itu data Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Bantul per 2 April data OPD ada 437 orang, PDP 39 orang, dan terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak enam orang. Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan dari jumlah tersebut, yang dirawat di rumah sakit sebanyak 35 PDP, enam orang PDP, dan positif enam orang.

“Terkonfirmasi positip dirawat di RSPS dua orang, Panti Rapih satu orang, PKU Muhammadiyah Bantul satu orang, Sardjito satu orang, dan RSPAU Hardjolukito satu orang,” kata Sri Wahyu.