Advertisement

Sidang Paripurna DPRD Gunungkidul Digelar secara Online

David Kurniawan
Kamis, 02 April 2020 - 21:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sidang Paripurna DPRD Gunungkidul Digelar secara Online Sidang paripurna di DPRD Gunungkidul, Senin (1/10/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sidang paripurna DPRD Gunungkidul bakal menggunakan sistem online. Hal ini sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, yakni tidak mengumpulkan banyak orang di satu lokasi.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningih, mengatakan dalam waktu dekat Dewan menggelar sidang paripurna membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tahun Anggaran 2019. Meski demikian, pelaksanaan sidang tidak seperti biasanya karena bakal digelar secara online. Dalam waktu dekat Dewan bakal menggelar simulasi rapat paripurna secara online.

Advertisement

“Aplikasi untuk rapat online sudah ada. Rencananya Senin [6/4/2020] kami menggelar simulasi, dan kalau lancar segera kami agendakan untuk paripurna,” kata Endah kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).

Ia menjelaskan rapat pembahasan LKPJ bupati tidak bisa ditunda karena ada tenggat waktu pembahasannya, sementara kondisi saat ini belum pasti lantaran adanya pandemi Corona. “Kami tidak tahu pandemi ini kapan berakhir, di sisi lain kami harus tetap bekerja sesuai dengan ketugasan,” kata Endah.

Untuk payung hukum paripurna online dilaksanakan mengacu instruksi dari Kementerian Dalam Negeri yang memerintahkan rapat dilakukan secara digital. “Syaratnya lokasi yang digunakan harus sudah memiliki jaringan 4G sehingga akses Internet bisa lancar,” ungkapnya.

Disinggung mengenai persyaratan kuorum paripurna, Endah mengatakan perhitungan dilakukan secara online melalui aplikasi absensi mobile (mobsi) milik Dewan. “Nanti dihitung melalui mobsi dan setelah memenuhi kuorum paripurna bisa digelar,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho, mengatakan untuk pelaksanaan rapat secara online sudah mulai dilakukan, salah satunya untuk rapat yang digelar Badan Anggaran. Menurut dia, di tengah isu pandemi Corona ketugasan dari Dewan tetap dilaksanakan. “Kami sudah mencoba rapat secara online dan hasilnya baik,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement