Keren, Masyarakat Kotagede Bantu Ekonomi Sesama Warga yang Terimbas Covid-19

Warga membagikan sembako untuk warga lain yang terdampak ekonominya akibat Covid-19 di Purbayan Kotagede, Kota Jogja. - Ist
03 April 2020 18:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kegiatan saling membantu di Kelurahan Purbayan, Kotagede, Kota Jogja ini layak dicontoh. Keluarga yang merasa memiliki kemampuan secara ekonomi bergotong royong memberikan bantuan bagi warga lain yang terkena dampak ekonomi akibat Covid-19 di kelurahan tersebut.

Lurah Purbayan, Kotagede, Kota Jogja Ari Suryani menjelaskan Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian, termasuk di kelurahannya. Tidak sedikit warganya yang terhenti perekonomiannya sehingga tidak memiliki penghasilan karena tidak bisa berjualan. Padahal pada saat norman, perekonomian di kelurahannya tergolong lumayan karena perputaran berbagai jenis usaha.

“Beberapa warga yang bekerja sebagai pedagang keliling PKL [pedagang kaki lima] banyak yang tidak dapat berjualan karena tidak ada pembeli. Hal tersebut menyebabkan perekonomian masyarakat menjadi tidak stabil, sementara kebutuhan hidup sehari hari harus terus berjalan,” katanya Jumat (3/4/2020).

Beberapa warga kemudian bergotongroyong memberikan bantuan bagi warga lain di kelurahannya dalam membantu mereka yang terdampak ekonomi secara langsung. Setidak ada empat RT yang dengan kearifan lokal masing-masing mereka saling membantu membagikan sembako.

“Warga RT 17, RT 54, RT 56 dan RT 57 dengan kearifan lokalnya saling berbagi sembako dari warga ke warga terdampak ekonomi,” katanya,

Ari berharap kearifan lokal warga Purbayan saling membantu dalam kondisi bencana tersebut bisa dicontoh warga lainnya di kelurahan lain di Kota Jogja maupun tempat lainnya. Kegotongroyongan antat warga akan meringankan beban sosial yang terjadi akibat adanya pandemi tersebut.

“Saya berharap kearifan lokal ini dapat menjadi kebaikan yang dapat dicontoh untuk lingkungan masyarakat di RW yang lain baik di Kelirahan Purbayan, maupun di Kota Yogyakarta bahkan skala nasional,” ucapnya.