Mahasiswa UGM Diduga Terinfeksi Corona di Jogja

Ilustrasi. - Freepik
10 April 2020 22:47 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Mahasiswa UGM asal Malaysia diduga terinfeksi virus Corona di Jogja.

Kasus ini terjadi pada seorang mahasiswa berkewarganegaraan Malaysia pada program doktoral, Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM.

Dalam surat yang dibubuhi tanda tangan kepala Departemen Teknik Geologi dan beredar di grup percakapan Whatsapp pada Kamis (9/4/2020), tertulis mahasiswa tersebut sempat datang ke Departemen Geologi FT UGM pada Rabu (1/4/2020) hingga Jumat (3/4/2020).

Merespons hal tersebut,Departemen  Teknik Geologi lantas meniadakan aktivitas di kampus dan menutup akses masuk ke departemen dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, pada 8-19 April 2020.

Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Nizam, mengakui adanya kejadian itu. Namun dia memastikan mahasiswa yang bersangkutan telah dinyatakan negatif pada tes yang kedua.

"Alhamdulillah [sudah negatif]. [Saat ini] tetap melakukan karantina mandiri," kata Nizam, Kamis.

Salah satu dosen yang mengampu mahasiswa tersebut menceritakan si mahasiswa dites swab pertama pada Minggu (5/4/2020) saat tiba di Bandara Kuala Lumpur dan hasilnya positif. Mahasiswa tersebut lantas dibawa ke RS di Malaysia yang menangani kasus Covid-19.

Saat diperiksa ulang di RS, hasilnya negatif. Walau demikian, pemerintah setempat tetap mengarantina si mahasiswa di sebuah hotel.

Sepengetahuan dosen pengampu, mahasiswa tersebut tidak ada riwayat bepergian dan berposisi di Jogja selama masa tanggap darurat Covid-19 di DIY.