Advertisement

Jangan Panik, Stok Pangan di Jogja hingga Lebaran Masih Aman

Lugas Subarkah
Jum'at, 17 April 2020 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
Jangan Panik, Stok Pangan di Jogja hingga Lebaran Masih Aman Foto ilustrasi. - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja memastikan stok bahan pangan saat ini aman hingga setidaknya lebaran tahun ini, pertengahan Mei mendatang. Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan panic buying.

Ketua DPRD Kota Jogja, berharap pemerintah bisa menjaga ketersediaan bahan pangan khususnya di bulan ramadan. "Seminggu lagi masuk ramadan, ketersediaan pangan penting untuk menjaga imun kita," ujarnya, Kamis (16/4/2020).

Advertisement

Ketersediaan bahan pangan kata dia, merupakan salah satu skala propritas yang diinstruksikan dalam Surat Keputusan Bersama Menterian Dalam Negeri dan Menteri Keuangan. Tiga skala prioritas ini meliputi penanganan kesehatan, jarong pengaman sosial dan jaring pengaman ekonomi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono, menjelaskan saat ini stok bahan pangan berupa sembako masih sangat mencukupi. "Masih aman sampai setelah lebaran," ujarnya.

Meski demikian, ia mengakui ketersediaan gula hanya mengandalkan distributor, sementara di Bulog kosong. Hal ini menyebabkan masih tingginya harga gula di pasar, yakni Rp17.500. Sementara di toko ritel harganya tetap Rp12.500, namun dengan jumlah terbatas.

Kepala Donas Pertanian Kota Jogja, Sugeng Darmanto, menungkapkan saat ini pohaknya masih memiliki cadangan beras sebanyak 16,7 ton. "Cadangan berbeda dengan stok, hanya dikeluarkan saat ada bencana sosial, bencana alam atau inflasi," katanya.

Dengan konversi konsumsi per kapita dikalikan jumlah penduduk, dalam setahun, Kota Jogja idealnya memiliki 125 ton cadangan beras. "Kami membelinya dengan mencicil, itu sudah ditambah sisa stok tahun sebelumnya," ungkapnya.

Dalam pandemi covid-19 ini, Pemkot bisa saja menggunakan cadangan beras tersebut, karena dalam masa darurat. Meski demikian untuk menggunakan beras cadangan, pihaknya menunggu instruksi Gugus Tugas Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement