Advertisement

Grhatama Pustaka Layani Pengembalian Buku Lewat Drive Thru

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 17 April 2020 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
Grhatama Pustaka Layani Pengembalian Buku Lewat Drive Thru Pemustaka menggunakan layanan drive thru untuk mengembalikan buku di Grhatama Pustaka pada Selasa (14/4/2020) lalu. - Ist/Dok. BLP DPAD DIY

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Upaya pencegahan penularan virus terus dilakukan oleh sejumlah pihak, tak terkecuali dengan membuka layanan lantatur (layanan tanpa turun) atau drive thru.

Kebijakan ini mulai diterapkan di Grhatama Pustaka seminggu terakhir. Kepala Balai Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, Nur Satwika menuturkan layanan lantatur bisa digunakan untuk mengembalikan buku dan bebas pustaka. Sejak tanggal 8 April, ia mencatat sudah ada 167 pemustaka yang mengembalikan buku serta 122 pemustaka mengakses layanan bebas pustaka hingga hari ini.

Advertisement

Sampai hari ini, ia belum memberi batasan waktu berlangsungnya layanan lantatur ini. "Sampai kondisi daerah membaik dan atau para peminjam buku terdahulu sudah selesai mengembalikan pinjaman bukunya semua," kata Nur kepada Harianjogja.com pada Kamis (16/4/2020).

Dengan lantatur, pemustaka tinggal mendatangi lobi Grhatama Pustaka tanpa turun dari kendaraan roda dua. Di sana petugas telah menunggu untuk melayani pengembalian buku atau bebas pustaka. Mereka menerapkan pencegahan penularan Covid-19 dengan menjaga jarak dan memakai masker. Hand sanitizer juga disediakan bagi pemustaka yang mengakses layanan.

Sementara ini, pemustaka belum dapat menggunakan layanan peminjaman buku secara langsung di Grhatama Pustaka. Untuk menyiasati ini, Nur mempersilakan pemustaka mengakses buku elektronik lewat sistem i-Jogja. "[Lewat i-Jogja] bisa askes semua koleksi yang ada di Grhatama Pustaka," kata dia.

Ia memperkirakan akan ada peningkatan akses e-book lewat i-Jogja berkaitan dengan pembatasan akses buku fisik di masa pandemi ini, meski begitu hingga kini ia belum merekap datanya.

Nur mengatakan pemustaka juga masih bisa menggunakan layanan pesan antar buku 'Pemustaka Istimewa'. "Masih berjalan, namun kami tetap waspada dan melihat situasi dan kondisi saat ini," katanya. Layanan ini gratis dan bisa mengantar buku dengan radius 5-7 kilometer dari perpustakaan ini.

Selain Grhatama Pustaka, Perpustakaan Kota Jogja telah lebih dulu menerapkan lantatur. Kedua perpustakaan ini membuka layanan ini tiap hari Senin-Jumat. "Drive thru Sapa Ratu melayani pengembalian dan peminjaman buku," kata Kepala DPAD Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement