Advertisement

Wisatawan Ngeyel Bikin Resah Warga Pesisir

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 21 April 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Wisatawan Ngeyel Bikin Resah Warga Pesisir Pantai Baron, Gunungkidul - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sejumlah warga di kawasan Pantai Kukup, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, merasa resah dengan banyaknya wisatawan ngeyel yang nekat masuk ke Pantai Kukup dan sekitarnya meski saat ini seluruh objek wisata di Gunungkidul masih ditutup.

Seorang warga bernama Muji mengaku jengkel dengan tindakan wisatawan yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing serta tak melakukan perjalanan wisata. "Sejumlah kendaraan yang mencoba masuk langsung kami halau. Mereka kami imbau untuk tidak nekat berwisata," kata Muji, Selasa (21/4/2020).

Advertisement

Muji menuturkan sejumlah pengunjung yang mencoba masuk ke objek wisata pantai didominasi pengunjung dengan kendaran pribadi. Padahal, melalui papan pengumuman di TPR, Pemkab Gunungkidul sudah mengimbau untuk tidak memasuki kawasan wisata. "Mereka masih ngeyel ingin masuk meski pemerintah menutup seluruh objek wisata," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono, menekankan kepada seluruh calon wisatawan baik lokal maupun mancanegara, bahwa situasi saat ini belum memungkinkan untuk berwisata. Oleh karena itu, jajarannya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan wisata ke semua objek wisata di tengah pandemi Corona. "Kami melarang wisatawan untuk berwisata sesuai maklumat Kapolri," kata Hary saat ditemui Harian Jogja, Selasa.

Hary menuturkan Dispar Gunungkidul telah menempatkan petugas jaga di sejumlah pos tempat pemungutan retribusi (TPR) selama 24 jam sebagai bentuk antisipasi masuknya wisatawan yang nekat berkunjung di tengah imbauan pemerintah untuk social distancing sebagai upaya untuk menekan penyebaran Corona. "Kami tugaskan personel jaga di pos TPR dan ada dukungan dari warga dan pemerintah desa setempat untuk menjaga jalur masuk ke pantai," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement