Pasar Ramadhan Argowijil Ditiadakan

Pembeli saat berinteraksi dengan pedagang di Pasar Ngingrong, Desa Mulo, Wonosari. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
22 April 2020 22:07 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Guna mendukung upaya pencegahan dan penyebaran virus Corona, Pasar Ramadhan yang biasa digelar selama Ramadan di Pasar Argowijil, Desa Gari, Kecamatan Wonosari, ditiadakan.

Camat Wonosari, Siswanto, mengungkapkan peniadaan Pasar Ramadhan merujuk pada edaran Pemdes Gari yang menutup sementara Pasar Argowijil yang merupakan pasar wisata kuliner yang ramai dibukla setiap Minggu pagi.

"Keputusan Kepala Desa Gari tentang penutupan sementara Pasar Argowijil belum dicabut, jadi otomatis Pasar Ramadhan juga ditiadakan," kata Siswanto saat ditemui Harian Jogja, Rabu (22/4/2020).

Siswanto menjelaskan beberapa pasar Ramadan seperti yang ada di Gua Ngingrong, Mulo dan Pasar Kawak, Siraman, kemungkinan juga ditiadakan. "Jika melihat situasi seperti saat ini kemungkinan ditiadakan," katanya.

Siswanto mengimbau kepada para pedagang yang biasa berjualan selama Ramadan untuk tetap bersabar. Menurutnya, upaya memutus rantai penyebaran Corona merupakan usaha bersama, bukan hanya pemerintah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Gua Ngingrong, Suwarno, menyatakan Pasar Ramadhan yang selalu digelar di kawasan Gua Ngingrong untuk tahun ini ditiadakan. "Kami sudah berembuk bersama pengurus lainnya dan bersepakat meniadakan Pasar Ramadan," ujarnya.