Dua Pasien Corona Usia Lanjut dengan Penyakit Penyerta di DIY Berhasil Sembuh

Dokter sedang melakukan perawatan pada pasien virus corona. - Reuters
23 April 2020 19:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DIY kembali menambah dua angka kesembuhan dari pasien positif Covid-19 pada Kamis (23/4/2020). Terbaru, di antara pasien yang sembuh itu adalah mereka yang punya penyakit penyerta.

Untuk diketahui, selama ini pasien positif Covid-19 dengan penyakit penyerta sangat rawan kritis.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menyatakan pasien yang dinyatakan sembuh ada tambahan dua orang yang masing-masing berasal daei Sleman dan Bantul, sehingga saat ini total ada 32 pasien positif Covid-19 di DIY yang sembuh.

"Berdasarkan laporan pasien yang dinyatakan sembuh adalah Kasus 55 [identitas] laki-laki, 63 tahun, warga Sleman dan Kasus 65 laki-laki, 73 tahun, warga Bantul. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY yang berhasil dinyatakan sembuh menjadi 32 kasus," katanya Kamis (23/4/2020).

Berty menambahkan kedua pasien yang dinyatakan sembuh tergolong memiliki risiko. Ia mencontohkan pada pasien Kasus 55 memiliki penyakit penyerta berupa hipertensi, diabetes hingga jantung. Dari total 32 pasien yang dinyatakan sembuh, tercatat 11 di antaranya berusia 50 tahun.

"Kedua kasus yang sembuh ini termasuk risiko tinggi, selain usianya yang sudah termasuk lanjut juga mempunyai komorbid. Kasus 55 itu [komorbidnya] DM, jantung dan hipertensi. Sampai hari ini dari seluruh kasus yang sembuh diketahui sebanyak 11 kasus dari 32 kasus adalah berusia diatas 50 tahun," katanya.