Gegara 3 Warga Wonosari Positif Corona, 30 Orang Terpaksa Isolasi Mandiri

Ilustrasi. - Ist/Freepik
23 April 2020 16:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kepala Desa Wonosari, Wonosari, Gunungkidul, Tumija mengatakan, adanya tiga kasus pasien positif corona di wilayahnya diputuskan untuk mengkarantina secara mandiri terhadap 30 warga. Untuk sementara warga dilarang keluar dan kebutuhan makanan dicukupi dari desa.

“Mereka melakukan isolasi mandiri. Sedangkan untuk kebutuhan makanan, kami pasok,” kata Tumija kepada Harian Jogja, Kamis (23/4/2020).

Menurut dia, untuk kebutuhan logistik, pemdes memiliki alokasi dana sosial sebesar Rp30 juta. Selain itu, ada juga bantuan dari masyarakat untuk membantu dalam upaya menyukseskan karantina mandiri tersebut. “Terus dibantu dan untuk logistiki yang disalurkan nominalnya sudah mencapai lebih dari Rp10 juta,” ungkapnya.

Tumija berharap warga yang sakit bisa segera sembuh serta ancaman virus bisa dihilangkan. Untuk antisipasi, ia mengakui juga ada rencana untuk rappid tes ke masyarakat. “Mudah-mudahan semua bisa segera normal seperti sedia kala sehingga keresahan di masyarakat bisa dihilangkan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, upaya penelusuran terus dilakukan. Hanya saja, ia belum bisa memberikan rincian karena proses masih berlangsung. “Tracking masih berjalan dan hingga sekarang [kemarin] belum ada perkembangan berarti,” katanya.