Advertisement

Rapid Test Sleman Skala Prioritas

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 25 April 2020 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rapid Test Sleman Skala Prioritas Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Hingga kini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman sudah melakukan rapid test kepada 697 orang warga Sleman di luar tenaga medis. Mereka yang menjalani rapid test diprioritaskan bagi warga yang kontak erat dengan kasus positif.

Dari 697 yang menjalani rapid test, hanya empat yang reaktif. Dari empat yang reaktif itu dilakukan pemeriksaan Swab. Hasilnya, hanya satu yang positif dan yang tiga negatif.

Advertisement

Penggunaan rapid test memang selektif. "Kami juga mengadakan pembelian rapid test tahap petama 5.000 paket untuk setidaknya 2.500 orang," jelas Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo, Jumat (24/4/2020).

Adapun penerimaan paket rapid test dari Dinkes DIY sebanyak 1.060 paket untuk tenaga medis dan keluarga pasien positif Covid, Dinkes sudah menggunakan 960 paket atau sebanyak 480 orang. Hasilnya, hanya dua orang yang reaktif dan dilanjutkan ke pemeriksaan swab.

Adapun Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, pembelian rapid test memang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Sleman tidak memungkinkan untuk melakukan rapid test untuk sejuta warga. "Makanya rapid test dilakukan sesuai skala prioritas. Tidak mungkin seluruh penduduk, kami lakukan pemeriksaan rapid test sesuai prioritas," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement