Kagama Salurkan Bantuan APD ke Rumah Sakit di Bantul

Bupati Bantul Suharsono (dua dari kiri) menerima secara simbolis bantuan dari Kagama, Senin (27/4/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
27 April 2020 21:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) yang tergabung dalam Kagama Care menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis yang menangani pasien Covid-19, Senin (27/4/2020).

Bantuan APD berupa pakaian hazmat, makser bedah, masker N95, pelindung wajah, dan sarung tangan, tersebut diterima langsung oleh Bupati Bantul Suharsono di Parasamya, kompleks Pemkab Bantul.

Anggota Kagama Care, Dian Nirmalasari mengatakan bantuan yang diberikan merupakan bagian dari wujud kepedulian para alumni UGM lintas generasi di tengah pandemi Covid-19 ini. Menurut dia, sejak masa pandemi ini, sejumlah anggota Kagama berinisiatif untuk menggalang dana melalui jejaring media sosial Facebook. “Bantuan ini kami galang dari teman-teman Kagama kemudian kami salurkan kepada yang membutuhkan melalui pengajuan terlebih dahulu,” kata Dian, Senin.

Seusai menyerahkan APD. Bantuan yang diserahkan tersebut akan didistrubusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Bantul. Dian mengatakan Kagama Care sudah lama ada dan selalu bergerak insidental ketika terjadi bencana nasional, termasuk pandemi Covid-19 ini. Dalam penggalangan dana ini terkumpul sebesar Rp540 juta dari sejumlah alumni UGM yang aktif di media sosial. Dana tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk APD ke sejumlah rumah sakit di DIY dan luar DIY.

Dia mengakui bantuan APD yang dialurkan di Bantul masih jauh dari kebutuhan dalam penaganan Covid-19 ini, namun harapannya dapat sedikit membantu.