Layanan Administrasi di Kelurahan Ngampilan Gunakan Sistem Online

Layanan dengan jaga jarak di Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Jogja. - Ist/Dok Kelurahan Ngampilan.
28 April 2020 02:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Jogja sepenuhnya menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam memberikan layanan kepada masyarakat di kantor kelurahan setempat.

Lurah Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Kota Jogja Agus Jaka Haryana menjelaskan pihaknya telah menerapkan sejak awal adanya imbauan dari Wali Kota Jogja terkait social distancing. Di mana setiap warga harus melakukan jaga jarak dengan tidak bergerombol. Hal ini juga diberlakukan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Untuk mengurangi tatap muka, kami memberlakukan layanan secara online sehingga warga kami tidak perlu datang ke kelurahan,” katanya belum lama ini.

Tetapi ada beberapa layanan di mana warga harus datang ke kelurahan seperti permintaan legalisasi surat atau dokumen tertentu. Tetapi pihaknya memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat. Dengan menyediakan tempat khusus bagi masyarakat yang akan menaruh berkas untuk dilegalisasi sehingga keesokan harinya bisa diambil kembali.

“Tak hanya urusan legalisasi, termasuk masyarakat yang akan mengambil akta kematian juga masih harus tatap muka, ini kami berlakukan standar protokol untuk pencegahan. Kalau pendataan akta kematian bisa dilakukan secara online,” ujarnya.

Ia mengatakan semua pendataan tentang akta kematian memang sudah bisa dilakukan secara online tetapi untuk pengambilan tetap harus ke kelurahan, selain itu memerlukan verifikasi lebih dahulu.

“Pelayanan juga harus dengan jaga jarak, harus mengenakan masker, untuk petugas di kelurahan, selain menggunakan masker juga sarung tangan,” katanya

Proses layanan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Pihaknya juga memberikan imbauan kepada seluruh warganya agar tetap berada di rumah jika tidak ada urusan penting yang terpaksa harus keluar rumah. Selain itu tetap menjaga jarak ketika terpaksa harus ada tatap muka.