Sambut Lonjakan Wisata setelah Pandemi, Aplikasi Wisata Online Siapkan Layanan Terpadu

Ilustrasi aplikasi online. - Ist/dok
28 April 2020 10:57 WIB Sunartono Jogja Share :

 Harianjogja.com, JOGJA--Meski pandemi corona masih berlangsung namun sektor swasta terutama yang bergerak di layanan wisata berupaya bangkit. Sebuah aplikasi online yang memberikan layanan wisata terpadu pun diluncurkan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan pasca pandemi corona.

Seperti diketahui sektor pariwisata DIY saat ini sedang lesu-lesunya. Ribuan pelaku wisata terdampak corona tak mendapatkan penghasilan. Pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada mereka sebanyak 30.000 paket sembako kepada mereka.

Di tengah pariwisata DIY yang lesu tersebut, start up lokal berusaha untuk bangkit dengan sebuah aplikasi layanan wisata terpadu bernama AeroConnect.app. Layanan ini segera hadir di Yogyakarta International Airport (YIA Kulonprogo)

Operational and Technical Director AeroConnect.app Ardon Ardianto mengatakan aplikasi online ini merupakan karya lokal DIY, tetapi diramu  menarik dengan memakai standar kemudahan layanan wisata, sehingga bisa dimanfaatkan wisatawan domestik maupun mancanegara. Meski saat ini dalam situasi sulit masa pandemi corona, tetapi bisa menjadi momentum untuk kembali membangkitkan perekonomian dengan mendukung karya dan produk lokal.

"Saat ini memang dalam kondisi sulit dengan adanya Covid-19, bidang transportasi dan wisata menjadi lesu, terpukul telak. Tetapi kami meyakini setelah pandemi ini mereda, transportasi dan pariwisata di DIY akan kembali meningkat," terang dia dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (27/4/2020).

Ia menambahkan dengan aplikasi ini dapat memesan kendaraan untuk antar dan jemput penumpang, sewa mobil, layanan bandara, jasa keimigrasian hingga mengakomodasikan pemesanan VIP service bandara dan pembelian tiket shuttle bandara. Saat ini tersedia sekitar 50 armada untuk melayani calon penumpang di wilayah DIY dan sekitarnya.

"Jumlah ini diharapkan bertambah sejalan dengan edukasi serta prediksi meningkatnya kebutuhan masyarakat DIY untuk layanan transportasi dan pariwisata, terutama setelah pandemi ini berakhir," ucapnya.

Senior Vice President of Business Expansion DOKU Irfan Burhan mengatakan sebagai penyedia sistem pembayaran online sekaligus mitra teknologi platform ini pihaknya bangga dapat bertumbuh memajukan bisnis lokal di tengah situasi saat ini. Layanan ini tidak hanya pengaturan mobilitas penumpang yang dipermudah tetapi juga beragam jenis pembayaran. "Aplikasinya bisa diunduh di playstore," ujarnya.