10 Ruang Isolasi RSUD Wates Siap Digunakan Pekan Depan

Foto ilustrasi. - Antarafoto
28 April 2020 07:27 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Guna meningkatkan kapasitas ruang isolasi rumah sakit rujukan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), beberapa bangsal diubah jadi ruang khusus isolasi. RSUD Wates sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid - 19 di Kulonprogo mengalami renovasi untuk menambah jumlah ruang isolasi.

Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan saat ini tahap pembagian ruangan isolasi tambahan di RSUD Wates mencapai 90%. "Ruangannya sudah jadi tinggal beberapa aksesoris dalam ruangannya saja," jelas Lies yang ditemui pada Senin (27/4/2020).

Lies mengatakan secara bentuk, Bangsal Dahlia yang disiapkan sebagai ruang isolasi sudah jadi dan dipisahkan tiap kamarnya. "Tinggal beberapa aksesoris saja seperti nurse call untuk komunikasi dengan pasien dan CCTV di tiap kamar," jelasnya.

Beberapa aksesoris yang dibutuhkan pun sudah ada tinggal dipasang. Sementara itu kasur dan peralatan lain juga sudah disiapkan tinggal dipindah saja. "Beberapa peralatan lainnya kita pindahkan dahulu dari bangsal lain untuk penanganan Covid-19," ucapnya.

Ruangan isolasi Covid - 19 di RSUD Wates saat ini berjumlah enam kamar. Dengan penambahan 10 kamar isolasi ini maka RSUD Wates ke depannya akan memiliki 16 ruang isolasi bagi pasien Covid-19. "Rencananya kalau tidak pekan ini mungkin pekan depan ruang isolasi tambahan sudah bisa digunakan," terang Lies.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan saat ini enam ruang isolasi yang dimiliki RSUD Wates semuanya telah terisi. Adapun satu diantaranya diisi pasien positif, dan satu ruang lainnya digunakan santri yang hasil rapid test reaktif.