HARIAN JOGJA HARI INI: Klaster Jemaah Tabligh Bertambah

Harian Jogja edisi hari ini, Kamis (30/4/2020). - epaper Harian Jogja
30 April 2020 10:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Klaster Jemaah Tabligh Bertambah
SLEMAN—Warga Sleman pasien positif Covid-19 yang masuk klaster Jemaah Tabligh Jakarta bertambah.

Koruptor Terancam Hukuman Mati
JAKARTA—Pelaku korupsi saat pandemi Covid-19 terancam hukuman mati. Ketua KPK Firli Bahuri mengingatkan soal adanya ancaman pidana mati terhadap pihak-pihak yang berani korupsi terhadap anggaran penanganan virus Corona atau Covid-19.

Dunia di Ambang Krisis Pangan
Akibat Pandemi Pandemi Covid-19 membawa dampak yang luas bagi kehidupan masyarakat. Tak hanya menyebabkan permasalahan ekonomi, tapi juga berpotensi mengarah pada krisis pangan global. Beberapa negara mulai mengatur kebijakan untuk menghilangkan hambatan aliran distribusi bahan makanan. Pemerintah Indonesia memiliki peran penting untuk mengamankan rantai pasokan dalam negeri, termasuk menyelesaikan konp ik agraria.

Inggris Terus Pasok Senjata ke Arab Saudi
LONDON—Raksasa produsen persenjataan asal Inggris, BAE Systems, terus menjual senjata dan jasa bernilai triliunan rupiah kepada Arab Saudi untuk peperangan di Yaman.

Menyentuh dan Masih Enak Didengar
Bukan rahasia lagi, hit dekade 1990-an telah teruji oleh waktu termasuk lagu religi atau tembang Ramadan. Dirilis lebih dari 20 tahun silam, lagulagu religi berikut ini tetap enak di telinga dan tentu saja membangkitkan kenangan. Bahkan, ada yang bikin kita merinding hingga meneteskan air mata.

Shutdown F1 Diperpanjang
PARIS—Federasi Otomotif Internasional (Fédération Internationale de l’Automobile/FIA) memutuskan untuk memperpanjang masa shutdown bagi tim dan pabrikan mesin Formula 1 menjadi 63 hari sebagai dampak pandemi Covid-19.

Jogja Banjir Pengemis,Diduga dari Luar Kota
JOGJA—Selama masa pandemi Corona, keberadaan pengemis di jalanan Kota Jogja kian banyak. Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini diduga berasal dari luar kota alias drop-dropan, dan ada yang mengoordinasi.

Pasien RS Khusus Covid-19 Bertambah
BANTUL—Hingga Rabu (29/4) siang, Rumah Sakit (RS) Lapangan Khusus Covid-19 Bantul merawat sebanyak empat pasien positif Covid-19 dan tujuh orang tanpa gejala (OTG). Rumah sakit tersebut menempati bangunan bekas Puskesmas Bambanglipuro.

Pemdes Merasa Dibenturkan Warga
SLEMAN—Mekanisme penyaluran bantuan sosial bagi warga terdampak pandemic Covid-19 di Kabupaten Sleman mendapatkan kritikan dari aparat desa. Soal banyaknya janji bantuan dari Pusat, dinilai sama saja dengan membenturkan pemdes dengan warga.

Pasar Dilengkapi Tempat Cuci Tangan
WONOSARI— Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Gunungkidul memastikan upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di seluruh pasar tradisional terus dilakukan. Selain menyosialisasikan pemakaian masker, di area pasar juga dilengkapi fasilitas cuci tangan dengan sabun.

Dewan Siapkan Rekomendasi Khusus
WATES—Panitia khusus (Pansus) Kemudahan Investasi bentukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kulonprogo masih menggarap draf rekomendasi tentang segala hal yang bertujuan memudahkan investor menanamkan modalnya di Kulonprogo. Draf itu ditargetkan selesai pekan ini.

Sekolah Swasta Kini Kesulitan
JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan sekitar 56% sekolah swasta di Tanah Air kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan meminta agar pemerintah membantu operasional sekolah tersebut.

Pendapatan dan Hibah Triwulan I Rp1,67 Triliun
JOGJA—Pandemi global Covid-19 tidak saja menimbulkan masalah kesehatan bagi masyarakat, tetapi juga membawa implikasi bagi perekonomian global, termasuk Indonesia. Di tengah pandemi, realisasi pendapatan dan hibah pada triwulan I/2020 untuk DIY sebesar Rp1,67 triliun atau 69,70% dari target dalam APBN 2020 sebesar Rp2,4 triliun.

Rilis Lagu untuk Satukan Bangsa
Di tengah pandemi Covid-19, penyanyi lagu berbahasa mandarin, Icun Lin bersama sejumlah artis merilis lagu Asa untuk Indonesia. Karya ini untuk memberi semangat masyarakat Indonesia dalam menghadapi kondisi sulit ini.

Lebih lengkap Anda dapat membaca Harian Jogja dalam versi cetak. Dapatkan Harian Jogja dengan harga Rp3.000 di agen terdekat.

Anda juga dapat mengakses Harian Jogja versi digital dengan berlangganan di epaper.harianjogja.com.

Selamat membaca. Harian Jogja, berbudaya, membangun kemandirian.