Kasus Positif Covid-19 di Kulonprogo Bertambah 2 Orang, Semuanya Klaster Keagamaan

Ilustrasi. - Ist/Freepik
03 Mei 2020 12:57 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) di Kulonprogo bertambah dua orang. Satu kasus merupakan klaster Pondok Pesantren Temboro Magetan dan satu kasus lainnya merupakan klaster dari Ijtima Ulama Dunia Gowa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kulonprogo Baning Rahayujati menyampaikan penambahan dua kasus positif berasal dari Kapanewon Sentolo.

Sebelumnya kedua pasien tersebut merupakan kasus reaktif yang sudah dirawat di RSUD Wates. "Satu pasien positif dari klaster Magetan (positif KP-4) dan satu dari klaster Gowa (positif KP-5), kondisi pasien baik," jelas Baning pada Sabtu (2/5/2020).

Sementara itu Baning menjelaskan dari satu orang reaktif dari Kapanewon Kalibawang yang sebelumnya dirawat di RSUD Wates dinyatakan negatif dari hasil tes swab. "Namun hasil tes antibodi (IgG positif), artinya orang tersebut sudah pernah terkena virus namun sudah sembuh," ujarnya.

Saat ini pasien yang bersangkutan sudah dikembalikan ke rumah pada sore ini. Sementara itu satu orang kasus reaktif melalui rapid test dari klaster Gowa masih menunggu hasil swab.

Baning menjelaskan hasil pihaknya telah pelacakan kepada kontak erat kasus positif Kulonprogo positif KP-3 dari Lendah. Kontak erat yakni ayah, ibu dan dua adik kandung pasien positif dinyatakan non-reaktif melalui hasil rapid test rapid test.

Sementara itu hasil pelacakan kasus positif KP-4, satu orang dinyatakan reaktif yakni sang ayah, sedangkan ibu dan dua adik pasien yang bersangkutan dinyatakan non-reaktif. Bagi orang dengan hasil pada tes pertama non-reaktif, maka akan diulang pada 10 hari kemudian.

"Kondisi orang reaktif dari kontak positif KP-4 dalam kondisi baik, sekarang dirujuk ke RSUD Wates," jelas Baning.