Advertisement

Kelanjutan Rekrutmen CPNS 2019 Dipertanyakan

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 05 Mei 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kelanjutan Rekrutmen CPNS 2019 Dipertanyakan Ilustrasi seleksi CPNS - JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pamdemi Coronavirus Disease (Covid-19) berdampak luas di hampir semua sektor, tak terkecuali dalam tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang digelar pemerintah. Pemerintah Pusat secara resmi menunda pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS Formasi 2019. Sayangnya, penundaan tak disertai dengan informasi lebih lanjut sehingga menimbulkan pertanyaan bagi peserta yang dinyatakan lolos dari seleksi kompetensi dasar (SKD).

Salah satu peserta yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan sejak pengumuman penundaan yang disebabkan Covid-19, sampai saat ini dirinya tak menerima informasi lanjutan lagi. Hal itu menimbulkan pertanyaan dibenaknya. "Kami merasa digantung, enggak ada pemberitahuan lagi setelah sekian lama ada pengumuman penundaan," kata dia kepada Harian Jogja, Selasa (5/5/2020).

Advertisement

Ia mengaku sempat mendengar desas-desus informasi jika pandemi Covid-19 belum mereda di Indonesia, maka seleksi diundur sampai 2021. Padahal, menurut dia, tahun pengadaan CPNS periode ini yakni 2019. "Setidaknya ada informasi resmi berkelanjutan, kalau update via Twitter takutnya enggak bisa spesifik," katanya.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan dan Data Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Reni Linawati, mengungkapkan hingga saat ini jajarannya belum mendapatkan instruksi lebih lanjut terkait dengan proses pengadaan CPNS formasi 2019. Jajarannya hanya menerima instruksi penundaan beberapa waktu lalu. "Sampai saat ini kami belum menerima instruksi lagi dari panitia seleksi nasional [panselnas]," paparnya.

Terkait dengan penundaan tahapan seleksi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyampaikan informasi seleksi SKB ditunda sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Reni mengimbau agar peserta tetap semangat dan menjaga kesehatan, serta persiapkan diri semaksimal mungkin. "Jangan lupa untuk terus memantau informasi pelaksanaan SKB melalui website BKPPD Gunungkidul," ujarnya.

Merujuk dari data BKPPD Gunungkidul, sebanyak 601 peserta berhasil lolos dari ujian SKD dan melanjutkan ke tahap SKB pada formasi seleksi penerimaan CPNS 2019 di Bumi Handayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement