Ini Wilayah di Bantul yang Sudah Terjadi Transmisi Lokal Virus Corona

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
07 Mei 2020 19:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan sudah terjadi penularan atau tranmisi lokal dalam penyebaran penyakit Coronavirus Disease atau Covid-19 di Bumi Projotamansari. Pemkab meminta warga meningkatkan kesadaran untuk melakukan upaya memutus penyebaran Covid-19.

Adanya tranmisi lokal ini ramai dibicarakan di berbagai grup percakapan aplikasi Whatsapp yang mengatasnamakan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bantul. Informasi tersebut sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh Sri Wahyu Joko Santoso selaku juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi Covid-19 Bantul, “Benar itu mas,” kata Sri Wahyu melalui pesan singkat aplikasi Whatsapp,Kamis (7/5/2020)

Namun ia tidak menjabarkan lebih jauh terkait poin-poin dalam pesan berantai tersebut. Dalam informasi itu menyebutkan bahwa angka warga masyarakat Bantul yang terinfeksi Covid-19, dalam kurun beberapa hari terakhir mengalami lonjakan yang menghawatirkan. Sampai dengan saat ini sudah 32 orang positif serta sebagian yang lain masih menunggu proses uji lab.

Dari hasil penelurusuran kasus yang sudah positip ditemukan adanya transmisi atau penularan lokal yang ditandai keberadaan Covid-19 yang menular terhadap orang lain tanpa harus berpergian keluar wilayah atau bertemu dengan orang asing dari luar wilayah.

Kasus transmisi lokal di antaranya terjadi wilayah Kecamatan Sewon, Kasihan, Piyungan dan Banguntapan, yang telah dilakukan uji test dengan hasil positif terinfeksi Covid-19.

Oleh karena itu perlu kesadaran semua pihak agar penyebaran bisa diputus, dengan tetap menjalankan aturan pemerintah, jaga jarak dengan siapa pun, menghindari kerumunan, tidak keluar rumah kecuali hal sangat penting, rajin cuci tangan, penerapan menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), wajib pakai masker dan isolasi mandiri selama 14 hari bagi yang baru bepergian luar daerah.