Soal Adanya Transmisi Lokal, Warga Bantul: PSBB adalah Pilihan Terbaik

Ilustrasi. - Ist/Freepik
08 Mei 2020 14:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Adanya transmisi lokal penularan Covid-19 seharusnya menjadi alasan kuat bagi pemerintah untuk segera mempertimbangkan pengusulan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Ketua Aliansi Warga Peduli Covid-19, Muhammad Imam Santoso mengatakan melihat tren penularan infeksi Covid-19 di Bantul sudah sangat mengkhawatirkan, bukan lagi penularan dari orang luar daerah, melainkan sudah terjadi penularan antar warga Bantul. Pada saat yang sama aktivitas masyarakat di ruang-ruang publik semakin ramai bahkan sudah mengabaikan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak.

Dia menconohkan masih banyak pabrik dengan jumlah pekerja yang banyak yang berpotensi mengabaikan protokol kesehatan. Tempat ibadah dan pasar juga mulai ramai kembali. 

Itulah sebabnya dia khawatir jika kondisi tersebut dibiarkan maka penularan menjadi tidak terkendali dan fasilitas kesehatan kewalahan menampung pasien. “Bagi saya PSBB merupakan pilihan terbaik yang harus diterapkan setidaknya melihat kondisi sekarang,” kata Imam.

Mantan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY ini mengatakan tren lonjakan penularan Covid-19 saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah, bukan lagi di pusat kota. Ia menilai PSBB di Jakarta sudah mulai landai dan kini beralih ke daerah-daerah. Jika tidak disikapi serius dengan segera, kata dia, Pemkab bisa kewalahan mengendalikan penularan Covid-19.