Tersisa 1 Kelas, Minat Pendaftar di SMK Dirgantara Putra Bangsa Tinggi

SMK Dirgantara Putra Bangsa
30 Mei 2020 06:02 WIB Galih Eko Kurniawan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Antusias lulusan sekolah menengah pertama untuk bersekolah di SMK Dirgantara Putra Bangsa yang terletak di Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman cukup tinggi. Saat ini, kelas yang tersisa tinggal satu kuota.

Kepala SMK Dirgantara Putra Bangsa M Nadjamuddin mengungkapkan antusias pendaftar ke sekolahnya sangat luar biasa di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari penerapan strategi program studi ataupun jurusan yang memiliki potensi besar di industri usaha.

“Geliat pertumbuhan penggunaan pesawat udara komersial dunia cukup luar biasa. Iniu yang menjadikan prospek dunia kerja di industri penerbangan udara sangatlah menjanjikan. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam menghidupkan industri yang sudah ada maupun menciptakan industri/lapangan kerja yang baru,” paparnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Jumat (29/5/2020).

Ini semua bermula dan dirintis dari pendidikan di SMK. Maka terjadilah sinergi antara SMK, siswa, dan industri sehingga masyarakat tak ragu lagi memilih SMK Dirgantara Putra Bangsa sebagai sekolah unggulan yang berkualitas.

Keterkaitan antara teori dan praktik merupakan salah satu modal dasar yang didapat siswa ketika belajar di SMK, bila hobi menjadi satu langkah mudah untuk karir, kenapa harus dilewatkan. Yang terbaik adalah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan cita-cita siswa, pilih SMK lebih baik. Guna mengikuti aturan jaga jarak fisik pemerintah, Dirgantara Putra Bangsa memfasilitasi pendaftaran melalui daring di http://dirgantara.sch.id/events/ sehingga calon siswapun tidak perlu datang ke kampus.

Program SMK DIrgantara Putra Bangsa berbasis keunggulan Industri Penerbangan Udara Komersial diselenggarakan mengikuti Sistem Pendidikan Nasional serta aturan dan ketentuan resmi yang jelas. Tujuan utamanya mempersiapkan sumber daya manusai yang kompetitif serta mempunyai alur pasti sehingga lulusan nanti mempunyai peluang kerja besar.


Pilihan Tepat
Terlebih menghadapi krisis endemi yang tak kunjung selesai, memaksa orang untuk lebih teliti dan selektif dalam memilih sekolah. Saat ini pilihan yang tepat tentunya ada pada sekolah yang mempunyai legalitas resmi, bermutu, berorientasi pada profesi dan mudah dalam mencari kerja serta biaya yang tidak mahal..

Sekarang ini, orangtua/calon siswa harus jeli, dengan adanya Peraturan Pemerintah No.3/2001 tentang Keselamatan dan Keamanan Penerbangan yang mewajibkan setiap karyawan penunjang operasional penerbangan wajib memiliki Sertifikasi Kecakapan/License yang sah serta berlakunya Keputusan Menteri No.79/2003 bahwa setiap orang yang bekerja melayani pesawat udara di bandara minimal harus memiliki sertifikat yang sah. SMK DIrgantara Putra Bangsa telah siap membekali lulusannya, terbukti anak didiknya selalu lulus 100%.

Menyadari masih minim dan belum memadainya kesiapan SDM Penerbangan Komersial inilah SMK Putra Bangsa berupaya menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, cakap, kompeten, berdedikasi serta berdisiplin tinggi, sehingga menjadi tenaga handal dan siap pakai.

Sebagai sekolah yang berkualitas selain ditentukan melalui sistem yang kredibel, seleksi SDM yang memadai dan siap latih, adanya pengakuan sertifikasi, dan lembaga sertifikasi yang kredibel, juga harus link and match dengan dunia kerja, serta adanya pengakuan stakeholders. Jadi sudah seharusnyalah dalam peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja maskapai penerbangan di Indonesia ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab bersama antara pihak swasta, masyarakat dan pemerintah.