Advertisement

Hasil Tracing, Sembilan Warga Bejiharjo Gunungkidul Reaktif Rapid Test Covid-19

David Kurniawan
Kamis, 04 Juni 2020 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Hasil Tracing, Sembilan Warga Bejiharjo Gunungkidul Reaktif Rapid Test Covid-19 Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya sembilan orang dinyatakan reaktif seusai menjalani rapid test Covid-19 di Gunungkidul. Tes cepat dilakukan merupakan hasil penelusuran (tracing) terhadap dua pasien positif asal Desa Bejiharjo, Karangmojo.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan petugas kesehatan langsung menelusuri riwayat kontak dua pasien positif Covid-19 asal Bejiharjo. Hasilnya, 271 orang yang melakukan kontak dengan kedua pasien positif.

Advertisement

Dinkes langsung menggelar rapid test dan menemukan sembilan warga reaktif tes cepat. Mereka yang reaktif kemudian menjalani tes swab guna memastikan apakah terinfeksi Corona atau tidak. “Sudah diambil dan tinggal menunggu hasilnya,” kata Dewi, Kamis (4/6/2020).

Menurut dia, dalam waktu sepuluh hari ke depan akan dilakukan tes cepat ulang bagi warga yang dinyatakan negatif. “Dites lagi untuk memastikan ada gejalan penularan atau tidak,” ungkapnya.

Sejak Minggu (31/5/2020) hingga Kamis ini tidak ada penambahan pasien positif di Gunungkidul. Total ada 39 kasus, dengan rincian 31 pasien dinyatakan sembuh, satu pasien meninggal dunia serta tujuh pasien lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit. “Mudah-mudahan tidak ada penamabahan kasus baru lagi,” ungkapnya.

Dewi menambahkan hingga saat ini sudah ada 475 pengambilan swab. Dari jumlah itu, 408 kasus dinyatakan negatif. “Hingga kemarin masih ada warga reaktif sebanyak 12 orang yang menjalani karantina massal di Wisma Wanagama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement