YIA Mulai Ancang-Ancang Sambut New Normal

Suasana terminal keberangkatan dan kedatangan di Yogyakarta International Airport, Kecamatan Temon, Jumat (7/6/2019). - Harian Jogja / Hafit Yudi Suprobo
05 Juni 2020 19:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—PT Angkasa Pura 1 (Persero) memastikan Bandara Internasional Yogyakarta atau biasa disebut Yogyakarta International Airport (YIA) siap beroperasi pada masa new normal dengan tetap memperhatikan protokol penanganan Covid-19.

"Kami tahu Covid-19 sangat memengaruhi bisnis penerbangan, tapi kami tidak boleh menyerah dengan keadaan, untuk itu YIA sudah siapkan bagaimana penerapan new normal untuk operation airport," ujar Pelaksana Tuga Sementara General Manager (GM) YIA, Agus Pandu Purnama, kepada awak media di Kantor Administrasi YIA, Jumat (5/6/2020).

Pandu menerangkan penerapan new normal membuat penumpang bisa mengakses bandara seluas-luasnya. Kata kuncinya, lanjut Pandu, adalah calon penumpang dan semua mitra AP1 yang mengakses bandara, termasuk petugas harus memenuhi protokol kesehatan.

Pihaknya sudah menyiapkan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk bandara sampai dengan penumpang menggunakan pesawat dan sebaliknya. "Salah satunya kami siapkan alat terma scanner digital untuk mengetahui suhu tubuh calon penumpang," ujarnya.

Di samping itu PT AP1 juga mengeluarkan aturan yang mewajibkan penumpang, mitra bandara dan petugas mengenakan masker di area bandara. Mereka juga harus mengikuti aturan bandara tentang physical distancing yang berlaku di seluruh area YIA.

Pandu juga menjamin bandara ini bersih dan bebas Covid-19. Sebab jajarannya rutin menyemprotkan cairan disinfektan di setiap sudut bandara. Disediakan pula cairan pembersih tangan yang bisa digunakan seluruh pengguna jasa penerbangan.

Disinggung mengenai jumlah penerbangan, Pandu menerangkan per 1 Juni ada penambahan jumlah penerbangan yang cukup signifikan. Sebelumnya pada Maret-Mei ketika adanya aturan pembatasan penerbangan oleh pemerintah, bandara ini hanya melayani empat penerbangan per hari. Untuk saat ini naik menjadi 35 penerbangan per hari. "Jumlah penumpang yang biasanya di bawah 400 orang kini naik hingga sekitar 1.700. Para penumpang ini tentunya yang sudah memenuhi syarat bepergian di masa pandemi," ucapnya.

Namun pesawat yang beroperasi di YIA sementara ini baru sebatas melayani rute lokal. Untuk penerbangan rute Internasional direncanakan bisa beroperasi pada September 2020. "Untuk penerbangan Internasional belum ada. Kalau menurut informasi dari maskapai baru akan beroperasi September," ucapnya.