Lima Pedagang & Pramuniaga Reaktif Covid-19 di Kulonprogo Dinyatakan Negatif

Ilustrasi - Antara/Ahmad Subaidi
08 Juni 2020 21:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak lima warga Kulonprogo yang sebelumnya menunjukkan reaktif Covid-19 berdasarkan rapid test massal yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Selasa-Rabu (2-3/6), telah menjalani tes swab di RSUD Wates. Hasilnya, kelima orang tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Kelima orang itu terdiri dari tiga pedagang pasar tradisional dan dua pramuniaga swalayan. Mereka berasal dari Kapanewon Wates sebanyak dua orang; Kapanewon Pengasih dua orang dan satu orang dari Kapanewon Galur.

Setelah dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test massal, kelima orang itu kemudian menjalani tes swab di RSUD Wates pada Kamis-Jumat (4-5/6). Sampel kelima orang itu kemudian dibawa ke BBVet Wates untuk dilakukan uji laboratorium. "Dan Puji Tuhan hasilnya negatif," ujar Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayu Jati, Senin (8/6/2020).

Selain lima orang itu, Baning juga mengumumkan hasil negatif Covid-19 dari tiga warga Kulonprogo, masing-masing berasal dari Kapanewon Temon sebanyak dua orang dan satu dari Samigaluh. Ketiga warga ini dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test mandiri. "Setelah dilakukan tes swab, ketiga warga ini dinyatakan negatif Covid-19," ucapnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo, tercatat hingga Senin (8/6) jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 11 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 10 orang dinyatakan negatif dan sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sedangkan satu orang masih menjalani perawatan di RSUD Wates.