Warga Tionghoa Jogja Serahkan Bantuan untuk PMI DIY

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY bersama Paguyuban Warga Tionghoa Bhakti Putera, dan Muda Mudi Bhakti Putera (MMBP) berfoto bersama Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo saat penyerahan bantuan, Kamis (11/6/2020). - Ist
13 Juni 2020 11:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) DIY bersama Paguyuban Warga Tionghoa Bhakti Putera, dan Muda Mudi Bhakti Putera (MMBP) kembali mengadakan aksi sosial pada Kamis (11/6/2020).

Ellyn Subiyanti, selaku ketua PSMTI Jogja, secara simbolis memberikan bingkisan kepada PMI Provinsi DIY. Penyerahan bantuan tersebut disambut dengan sangat ramah oleh GBPH Prbaukusumo atau Gusti Prabu selaku Ketua PMI Provinsi DIY dan jajaran pengurusnya. 

"Kegiatan bakti sosial ini sebagai upaya meringankan beban masyarakat dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tolong menolong mengatasi krisis pandemi Covid-19 tanpa membedakan suku, agama dan ras," kata Ellyn dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (12/6/2020). 

Adapun sumbangan yang diberikan kepada PMI DIY berupa uang tunai sebesar Rp10 juta. "Rinciannya dari PSMTI Jogja Rp5 juta serta dari Gardena Dept Store Jogja dan Magelang Rp5 juta.  PSMTI Jogja juga membawakan masker N-95," tutur Ellyn. 

"Pada kesempatan ini kita juga mengantarkan kiriman APD [alat pelindung diri] dari PSMTI Pusat berupa baju pelindung untuk team medis, sepatu pelindung, kacamata, masker KN-95 serta termometer. Total sumbangan senilai kurang lebih Rp25 juta," lanjut dia.

Acara bakti sosial tersebut dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako sebanyak 60 paket berisi beras, minyak,gula dan teh dan 120 buah masker kain pada warga daerah Tegal Kemuning, Lempuyangan.

Sementara itu Muwardi Gunawan selaku Ketua Paguyuban Warga Tionghoa Bhakti Putra dalam sambutannya mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan.*