Siap-Siap, Rapid Test Segera Digelar di Kampus dan Restoran di Jogja

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
15 Juni 2020 18:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Setelah menyasar pasar tradisional dan mal, pelaksanaan tes cepat dengan Rapid Diagnostic Test (RDT) acak di Jogja kali ini akan menyasar restoran.

Ketua Harian Gugus Tugas Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan pengambilan sampel RDT acak di restoran akan dilakukan pekan ini. "Dilakukan minggu ini, namun saya belum mendapat laporan kembali," jelasnya pada Senin (15/4/2020).

Menurut Heroe ada tiga sasaran untuk RDT acak berikutnya. Tiga sasaran itu meliputi masyarakat, restoran, dan kampus. Heroe mengatakan RDT acak rencanaya akan dilakukan berdasarkan wilayah. "Seharusnya lebih mudah, data penduduk kan kita punya, mekanisme acak per wilayah," jelasnya.

Ditambahkan Heroe, ide RDT acak di masyarakat ini disodorkan oleh Tim Epidemiologi UGM. Pemkot Jogja mengajukan beberapa tempat publik untuk RDT acak meliputi pasar tradisional, mal, hingga restoran. "Intinya kita ingin tahu Jogja sudah landai [kasus Covid-19] kondisinya atau tersembunyi," jelasnya.

Sementara itu menyangkut hasil Tracing yang dilakukan kepada 41 pedagang pasar Kranggan Heroe masih belum mendapat laporan menyangkut hasil dari RDT pada Sabtu (13/6/2020).