Advertisement

Swalayan Pamela di Gunungkidul Jadi Sasaran Rapid Test

David Kurniawan
Rabu, 17 Juni 2020 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Swalayan Pamela di Gunungkidul Jadi Sasaran Rapid Test Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Tim medis dari Dinas Kesehatan Gunungkidul mulai melakukan rapid test di tempat-tempat keramaian. Hanya saja, tes belum berani dilakukan secara acak.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, upaya rapid test secara massal di tempat keramaian sudah mulai dilakukan. Setelah menyasar pedagang di Pasar Argosari, pada Rabu (17/6/2020) tes dilanjutkan ke karyawan di swalayan Pamela 9 di Kota Wonosari. “Ada 105 karyawan yang kami targetkan ikut rapid test. Untuk hasilnya, kami masih tunggu tim yang ke lapangan,” kata Dewi.

Advertisement

Menurut dia, tes massal di tempat keramaian akan terus dilakukan. Rencananya pada Senin pekan depan akan dilakukan di toko serba ada di kawasan Sambipitu, Patuk. “Sudah kita agendakan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran Corona di Gunungkidul,” ungkapnya.

Meski demikian, sambung Dewi, upaya tes massal belum bisa dilakukan secara acak. Pasalnya, tes dilakukan secara teragendakan dengan tujuan tempat keramaian yang berpotensi adanya penularan.

Dia berdalih, tes secara acak belum bisa dilakukan karena mengacu pada ketersediaan tempat karantina serta fasilitas medis untuk perawatan yang dimiliki. “Semua harus dipertimabngan. Takutnya, kalau tidak direncanakan malah ada pasien atau warga reaktif yang tak tertangani dengan baik,” katanya.

Untuk perkembangan kasus, tidak ada penambahan sehingga jumlahnya tetap 50 pasien positif. Hanya saja, untuk pasien sembuh ada tambahan satu orang, yakni warga asal Karangmojo yang tertular dari kluster pedagang ikan. “Yang sembuh ada 40 orang. Sedangkan sembilan pasien masih menjalani perawatan dan satu pasien dinyatakan meninggal dunia,” katanya.

Brand Manager Pamela 9, Ngatno mengatakan pihaknya menyambut baik pelaksanaan tes cepat di tempatnya. Pemeriksaan ini, selain sebagai langkah antisipasi penularan, sekaligus mengklarifikasi rumor adanya karyawan di Pamela 9 yang positif Covid-19. “Berita itu tidak benar. Berita tentang karyawan positif sudah beredar beberapa hari lalu lewat percakapan media sosial,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement