Dilakukan Saat Pandemi Covid-19, Seperti Ini Proses Konsultasi Publik Pembangunan Tol Jogja-Solo

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan
19 Juni 2020 17:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Proses penyelesaian konsultasi publik pembangunan jalan tol Jogja-Solo yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 sudah selesai dilakukan. Saat ini, tahapan rencana pembangunan jalan Tol Jogja-Solo memasuki tahapan izin penetapan lokasi (IPL).

Kepala Dinas Pertamanan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno mengatakan jika kelanjutan konsultasi publik selama pandemi Covid sudah dilakukan. Dispertaru meredesain kegiatan konsultasi publik dengan tidak mengumpulkan warga tetapi digelar secara door to door.

"Untuk delapan desa tersisa yang terkendala situasi dan kondisi pandemi Covid sudah selesai pelaksanaan konsultasi publiknya. Kami tetap memerhatikan prosedur protokol kesehatan. Hasilnya baru saya rekap," katanya Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY Krido Suprayitno, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto: Lukai Hati Rakyat, Hukum Berat Koruptor Bansos

Krido mengatakan, dengan skema konsultasi publik seperti itu ke depan diharapkan tahapan-tahapan kegiatan rencana pembangunan jalan tol Jogja-Solo tidak terganggu atau masih sesuai jadwal yang ditentukan.

Salah satunya, terkait target penerbitan izin penetapan lokasi (IPL) yang dijadwalkan keluar pada tahun ini.

Disinggung kapan IPL disetujui oleh Gubernur dan bisa diterbitkan, Krido masih enggan untuk menjelaskan. "Besok Senin (pekan depan) siang saja saya jawabnya. Masih rapat," pungkasnya.