Advertisement

Kampusnya Viral dengan Tagar #UniversitasPancenNdlogok, Ini Jawaban Rektor UPN Jogja

Lajeng Padmaratri
Selasa, 23 Juni 2020 - 14:37 WIB
Budi Cahyana
Kampusnya Viral dengan Tagar #UniversitasPancenNdlogok, Ini Jawaban Rektor UPN Jogja Spanduk protes yang dibentangkan Aliansi Mahasiswa UPNVY di Gedung Rektorat UPN "Veteran" Yogyakarta, Senin (22/6/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) M. Irhas Effendi mengatakan uang kuliah tunggal (UKT) akan diturunkan secara proporsional lantaran pandemi Covid-19. Pernyataan itu dilontarkan menyusul protes mahasiswa yang menuntut penurunan UKT.

Rektor UPNVY, M. Irhas Effendi menuturkan kampus sudah mengeluarkan peraturan terkait hal ini dengan kebijakan pengajuan penurunan UKT lewat banding. “Untuk mahasiswa atau orang tua yang terkena dampak ekonomi karena Covid-19, UKT akan kami turunkan secara proporsional,” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Advertisement

BACA JUGA: Ini Ketentuan Keringanan Uang Kuliah Tunggal untuk Mahasiswa Kampus Negeri

Ia mencontohkan mahasiswa yang skripsinya terhenti karena pandemi, UKT akan diopotong 50% apabila yang bersangkutan sudah masuk semester VIII ke atas. Ia juga mengklaim akan menurunkan UKT bagi mahasiswa yang terdampak pandemi.

“Konsepnya kan sebenarnya gotong-royong, ya. Yang tidak terkena dampak [ekonomi] mestinya tidak usah minta penurunan. Misalnya anaknya dosen, anaknya pegawai negeri itu kan tidak terdampak sebenarnya. Tetapi kami harus berempati kepada yang terkena dampak dengan menyubsidi. Prinsip UKT kan subsidi silang,” ujarnya.

Menurutnya, aturan pengajuan penurunan UKT ini sudah tertera di laman web kampus. Selanjutnya ia akan menggencarkan sosialisasi agar mahasiswa paham.

BACA JUGA: Kampus Negeri Wajib Ringankan Biaya Kuliah Mahasiswa Terdampak Covid-19

UKT dipermasalahkan oleh mahasiswa. Mereka protes karena tak merasakan fasilitas kampus sementara biaya kuliah tidak ada tanda-tanda akan diturunkan.

Kekecewaan itu melatari tagar #UniversitasPancenNdlogok yang sempat viral menduduki posisi trending nomor satu di Twitter pada Senin (22/6/2020) malam. Tagar ini diwarnai kicauan yang berisi tuntutan bagi kampus untuk menurunkan uang kuliah tunggal (UKT).

Menteri Kajian dan Aksi Strategis BEM KM UPNVY Alvin Noor Fitrian saat dikonfirmasi Harian Jogja pada Selasa (23/6/2020) menuturkan viralnya tagar itu dilatarbelakangi respons kampus dalam menanggapi keluh kesah mahasiswa selama perkuliahan daring ini. Bahkan ia dan puluhan mahasiswa lain pada Senin pagi sempat menyuarakan aspirasi di Rektorat UPNVY.

BACA JUGA: Mahasiswa Terdampak Corona Dapat Keringanan Uang Kuliah, Ini Skemanya

“Kami merasa birokrasi kampus, dalam hal ini rektorat lamban dalam merespons keluh kesah mahasiswa. Sebelum aksi ini kami sudah melakukan beberapa kali audiensi. Ada 3-5 kali audiensi sejak Bulan Puasa kemarin, tapi respons mereka sangat minim,” ujarnya yang menjadi koordinator aksi.

Beberapa waktu lalu Alvin menyebut birokrasi mengeluarkan edaran tentang penurunan, penundaan, dan pengangsuran UKT.

“Sudah ada peraturannya, tapi kami merasa itu masih belum bisa mewakili keseluruhan yang membutuhkan. Itu enggak ada batas waktunya juga. Kami menuntut waktunya diperpanjang dan syarat berkasnya dimudahkan,” kata dia.

BACA JUGA: Kemendikbud Kucurkan Rp1 Triliun untuk Bantu Biaya Kuliah 410.000 Mahasiswa Kampus Swasta

Menurut Alvin, dari aksi kemarin, rektorat memberi janji kepada mahasiswa supaya mereka bisa menemui Rektor UPNVY, M. Irhas Effendi pada Rabu (24/6/2020) besok untuk menyampaikan kembali aspirasinya. Ia masih akan mengajukan tuntutan serupa.

“Kami juga memberi opsi jika UKT tidak bisa dipotong, kami bisa membayar dengan nominal yang sama, tapi dengan memberikan kompensasi dalam bentuk bantuan langsung tunai. Referensi kami karena sudah terealisasi di Universitas Udayana, ada bayar UKT tetap tapi ada cashback dengan BLT,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement